Modus Sekretaris Edhy Prabowo Beli Tanah dan Villa, Pakai Nama Penjaga Rumah

- Rabu, 9 Juni 2021 | 10:55 WIB
Edhy Prabowo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Edhy Prabowo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sekretaris pribadi mantan Menteri KKP, Edhy Prabowo, yaitu Amiril Mukminin menggunakan nama penjaga rumah jabatan DPR RI bernama Sugianto untuk membeli tanah dan vila.

"Amiril sempat berpesan agar proses pembelian lancar dan suatu saat saya akan menjaga vila itu, dia (Amiril) hanya mengatakan vila itu yang punya temannya," kata Sugianto saat bersaksi, Selasa (8/6/2021).

Sugianto menjadi saksi untuk 6 terdakwa, termasuk Edhy Prabowo, yang didakwa bersama-sama menerima 77 ribu dolar AS dan Rp24,625 miliar dari para pengusaha pengekspor benih lobster terkait pemberian izin budi daya dan ekspor.

Sugianto sendiri merupakan pembantu di di rumah jabatan DPR-RI No. 249, Kalibata yang merupakan rumah anggota DPR dari fraksi Partai Gerindra Iis Rosita Dewi yang juga istri Edhy Prabowo.

"Saya pernah dua kali disuruh Amiril untuk membawa uang, sekali ke Bandung, sekali ke Sukabumi," ungkap Sugianto.

Sugianto membawa uang senilai Rp1,45 miliar ke Bandung pada Juli 2020 bersama dengan Amiril, Aden serta adik Edhy Prabowo bernama Dedi.

"Uang-nya di dalam koper, saat itu Amiril sempat mengatakan untuk beli vila punya temannya," tambah Sugianto.

Di Bandung, mereka mendatangi rumah pemilik vila bernama Makmun Saleh dan kemudian Sugianto menyerahkan uangnya. Namun, dia tidak ikut dalam pembicaraan antara Aden, Dedi dan Makmun Saleh.

Sedangkan pengantaran uang kedua adalah senilai Rp1,5 miliar dan bertemu dengan Makmun Saleh di Sukabumi.

Saat itu Sugianto menandatangani surat-surat jual beli tanah dengan disaksikan kepala desa, Aden serta pemilik vila, Makmun Saleh.

"Seingat saya kalau tidak salah surat diserahkan ke Pak Dedi terus dibawa ke Pak Amiril," tutur Sugianto.

Atas jasanya membantu pembelian vila tersebut, Sugianto mendapat upah senilai total Rp3 juta.

"Aslinya memang tanah itu bukan milik saya, tapi miliknya temannya Amiril, tapi saya tidak tahu siapa nama temannya Amiril," kata Sugianto.

Dalam dakwaan, Edhy Prabowo disebut membeli tanah senilai Rp3 miliar dari fee ekspor benih lobster.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X