The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hindari Karhutla, Polres Balangan Minta Warga Tak Bakar Lahan
Ilustrasi - Relawan berusaha mepadamkan karhutla di Balangan, Kalimantan Selatan. (ANTARA/Roly Supriadi)
News

Hindari Karhutla, Polres Balangan Minta Warga Tak Bakar Lahan

Rabu, 09 Juni 2021 15:27 WIB 09 Juni 2021, 15:27 WIB

INDOZONE.ID - Polres Balangan, Kalimantan Selatan meminta warga setempat tidak melakukan pembakaran lahan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau ini.

"Imbauan ini kami lakukan hingga ke pelosok desa dengan cara memberikan edukasi tentang bahaya serta dampak negatif dari membakar hutan maupun lahan," kata Kasubbag Humas Polres Balangan AKP H. Siswanto di Paringin, Selasa (08/06), seperti dilansir Antara.

Selain itu, ia juga melakukan sosialisasi terkait dengan peraturan perundangan serta sanksi hukum kepada siapapun yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan maupun lahan.

Imbauan itu dilakukan petugas kepolisian, TNI, dan Manggala Agni setiap hari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan ekosistem.

"Kami juga mengedukasi masyarakat bahwa tradisi membakar lahan yang sudah tidak sesuai atau keliru dan bisa menimbulkan dampak negatif harus diubah demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang," katanya.

Lebih lanjut, Siswanto mengatakan bahwa personel Polres Balangan beserta jajaran juga memetakan serta menginventarisasi wilayah rawan kebakaran hutan atau lahan agar bisa mengantisipasi sedini mungkin karhutla, serta mempersiapkan langkah maupun tindakan bila terjadi kebakaran.

Tim gabungan juga mengecek titik-titik embung sebagai sarana antisipasi untuk pemadaman apabila terjadi kebakaran hutan atau lahan di lokasi tersebut.

Selain embung atau kolam air, juga dilakukan inventarisasi kanal maupun sekat guna meminimalisasi perambatan api.

Kemudian, ia mengatakan untuk ke depannya diperlukan penambahan tower pantau di kebun atau lahan untuk percepatan dalam mengetahui titik api apabila terjadi kebakaran sehingga mempermudah proses pemadaman.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US