11 Orang Meninggal karena Kelaparan Setiap Menit di Seluruh Dunia, Menurut Laporan Oxfam

- Jumat, 9 Juli 2021 | 15:04 WIB
Ilustrasi kemiskinan. (freepik)
Ilustrasi kemiskinan. (freepik)

Organisasi anti-kemiskinan Oxfam mengatakan 11 orang meninggal karena kelaparan setiap menit dan jumlah yang menghadapi kondisi seperti kelaparan di seluruh dunia telah meningkat enam kali lipat selama setahun terakhir.

Dalam sebuah laporan berjudul 'The Hunger Virus Multiplies,' Oxfam mengatakan pada hari Kamis bahwa jumlah kematian akibat kelaparan melebihi Covid-19, yang membunuh sekitar tujuh orang per menit.

"Statistiknya mengejutkan, tetapi kita harus ingat bahwa angka-angka ini terdiri dari individu-individu yang menghadapi penderitaan yang tak terbayangkan. Bahkan satu orang pun terlalu banyak," kata Presiden dan CEO Oxfam America Abby Maxman.

Kelompok kemanusiaan itu juga mengatakan bahwa 155 juta orang di seluruh dunia sekarang hidup pada tingkat krisis kerawanan pangan atau lebih buruk, sekitar 20 juta lebih banyak dari tahun lalu. Sekitar dua pertiga dari mereka menghadapi kelaparan karena negara mereka berada dalam konflik militer.

Terlepas dari pandemi, Oxfam mengatakan bahwa pengeluaran militer global meningkat sebesar $51 miliar selama pandemi, jumlah yang melebihi setidaknya enam kali lipat dari apa yang dibutuhkan PBB untuk menghentikan kelaparan.

Organisasi tersebut mendesak pemerintah untuk menghentikan konflik agar tidak terus menelurkan 'bencana kelaparan' dan untuk memastikan bahwa badan-badan bantuan dapat beroperasi di zona konflik dan menjangkau mereka yang membutuhkan. Ia juga meminta negara-negara donor untuk "segera dan sepenuhnya" mendanai upaya PBB untuk mengurangi kelaparan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X