The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Salim Segaf: Ulama Garda Terdepan Pertahankan Pancasila dan Melawan Komunisme
Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf Al-Jufri (Istimewa)
News

Salim Segaf: Ulama Garda Terdepan Pertahankan Pancasila dan Melawan Komunisme

Sabtu, 09 Oktober 2021 16:05 WIB 09 Oktober 2021, 16:05 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sosial (PKS) Dr Salim Segaf Al-Jufri menuturkan, peran ulama tidak hanya hadir dalam membidani lahirnya Pancasila. Selain itu, ia menjelaskan jika ulama juga ikut berjuang mempertahankan Pancasila melawan penjajah kolonial.

“Para ulama kita tidak hanya membidani lahirnya Pancasila. Sejarah telah mencatat bahwa para ulama berada pada garda terdepan saat mempertahankan Pancasila,” ucap Salim, Sabtu (9/10/2021).

Salim menegaskan peran ulama dalam melahirkan dan menjaga ideologi Pancasila sudah tidak perlu diragukan. Ia menegaskan sangat tidak tepat jika ada anggapan bahwa umat Islam tidak setuju dengan keberadaan Pancasila di Indonesia.

“Tidak perlu diragukan lagi para Ulama kita telah turut serta dalam kelahiran dan menjaga eksistensi Pancasila. Sehingga, sangat tidak tepat jika kemudian umat Islam dianggap tidak sependapat dengan keberadaan Pancasila, atau bahwa dikatakan melawan Pancasila,” terangnya.

Wakil Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional itu juga mengatakan, tidak hanya dalam membela ideologi Pancasila, para ulama juga berada di garda terdepan dalam melawan paham komunisme yang sempat tumbuh subur di Indonesia.

“Sejarah juga mencatat, bahwa para Ulama berada di garis terdepan saat ada upaya kudeta yang dilakukan oleh PKI. Para ulama tampil terdepan melawan upaya penggantian Pancasila menjadi komunisme saat itu,” papar Salim

“Perlawanan terhadap PKI ini dilakukan di berbagai pesantren di Jawa, mulai dari Pesantren Gontor, Pesantren Takeran, sampai dengan Pesantren Tegal Rejo,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US