The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sosok John McAfee, Pengusaha Antivirus yang Ditemukan Bunuh Diri di Penjara Spanyol
Pengusaha antivirus, John McAfee. (REUTERS/Darrin Zammit Lupi)
News

Sosok John McAfee, Pengusaha Antivirus yang Ditemukan Bunuh Diri di Penjara Spanyol

Kamis, 24 Juni 2021 13:17 WIB 24 Juni 2021, 13:17 WIB

INDOZONE.ID - Pengusaha perangkat lunak antivirus John McAfee telah ditemukan tewas di selnya di Spanyol karena bunuh diri.

Hal ini terjadi beberapa jam setelah pengadilan tertinggi negara itu menyetujui ekstradisinya ke Amerika Serikat, di mana ia dicari atas tuduhan kriminal terkait pajak yang membawa hukuman penjara hingga 30 tahun.

Dikutip dari The Guardian, kepolisian regional Catalan, Mossos d'Esquadra, mengkonfirmasi sebuah laporan di El País bahwa McAfee yang berusia 75 tahun ditemukan tewas di penjara Brians 2 dekat Barcelona, ??Rabu malam.

Dalam sebuah laporan, departemen kehakiman Catalan mengatakan bahwa petugas penjara dan petugas medis telah mencoba menyelamatkan nyawanya tapi tidak berhasil.

Pengacara McAfee mengatakan kepada kantor berita Reuters pada Rabu malam bahwa McAfee tampaknya gantung diri di sel penjaranya.

McAfee, pencipta perangkat lunak virus McAfee, ditangkap Oktober lalu di bandara internasional Barcelona saat dia akan naik pesawat ke Istanbul.

Penangkapannya terjadi sehari setelah pihak berwenang mengumumkan dakwaan AS yang berasal dari dugaan pelanggaran pajak.

Jaksa Tennessee telah mendakwa McAfee dengan penghindaran pajak setelah gagal melaporkan pendapatan yang diperoleh dari mempromosikan cryptocurrency saat dia melakukan pekerjaan konsultasi, serta pendapatan dari ceramah dan penjualan hak kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter.

Pada hari Rabu, pengadilan tertinggi Spanyol telah menyetujui ekstradisi McAfee ke Amerika Serikat, meskipun keputusan tersebut dapat diajukan banding dan ekstradisi harus disetujui oleh kabinet Spanyol.

Sejak dia menghasilkan banyak uang pada tahun 1980-an dengan perangkat lunak yang masih menyandang namanya, McAfee telah terlibat dalam perilaku yang semakin tidak menentu, dia sempai sebagai guru cryptocurrency gadungan yang mengklaim menghasilkan Rp 28 juta sehari.

Perusahaan senama akhirnya menjadi entitas rumah tangga dalam keamanan antivirus, tetapi mencoba menjauhkan diri dari pendirinya yang kontroversial setelah ia mengundurkan diri pada tahun 1994.

McAfee dibeli oleh pembuat chip komputer intel pada tahun 2010 dan dimasukkan ke dalam divisi keamanan siber Intel yang lebih besar.

Kehidupan pribadi McAfee sering menarik perhatian banyak orang, karena dia pernah dua kali mencalonkan diri sebagai presiden AS dan menjadi peserta dalam debat presiden partai Libertarian pada 2016.

Dia mencoba-coba yoga, pesawat ultra-ringan, dan memproduksi obat-obatan herbal.

Pada 2015, McAfee ditangkap di AS karena mengemudi di bawah pengaruh dan kepemilikan senjata saat di bawah pengaruh.

Pada Juli 2019, dia dibebaskan dari tahanan di Republik Dominika setelah dia dan lima orang lainnya dicurigai bepergian dengan kapal pesiar yang membawa senjata kaliber tinggi, amunisi, dan perlengkapan gaya militer, kata para pejabat di pulau Karibia saat itu.

Pada bulan Maret, dia didakwa di pengadilan federal Manhattan atas skema pompa dan pembuangan yang melibatkan cryptocurrency yang dia promosikan di media sosialnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US