The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menhan Prabowo Ingin Kapal Rudal Cepat Karya Anak  Bangsa Diekspor
Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter. (Foto/Kementerian Pertahanan)
News

Menhan Prabowo Ingin Kapal Rudal Cepat Karya Anak Bangsa Diekspor

Rabu, 15 Desember 2021 10:28 WIB 15 Desember 2021, 10:28 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta PT PAL Indonesia (Persero) agar memasarkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter karya anak bangsa ke luar negeri.

"Saya kira ada saja kemungkinannya, kita lihat dari kemampuannya yang cukup tinggi dengan harganya, yang saya kira mencapai sekitar setengah dari harga pasaran dengan kapal sejenis dari produksi luar negeri," ujar Menhan Prabowo, dikutip Rabu (15/12).

Prabowo menilai, KCR 60 meter punya peran besar untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produksi kapal di Indonesia. Hal tersebut karena seluruh proses produksi KCR dilakukan oleh PT RAL.

"Ke depannya, akan banyak project yang dijalankan PT PAL. Tadi disebut bahwa desain, perancangan, semuanya dari kita sendiri. Jadi, local content-nya sangat tinggi dan rencananya kita akan membuat PT PAL sebagai Lead Integrator, akan memandu jalannya proyek-proyek pertahanan matra laut. Karena akan ada puluhan kapal nanti yang akan kita modernisasi dan akan kita bangun di sini," kata Prabowo.

Selain itu, Prabowo mengatakan, hadirnya KRC mempunyai peran penting dalam menjaga pertahanan laut Indonesia.

"KCR sangat penting karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas sekali, jadi untuk mengamankannya kita butuh banyak sekali unit kapal cepat rudal," katanya.

Oleh karena itu, Prabowo berencana akan menambah armada serta melakukan modernisasi untuk armada sebelumnya.

"Karena itu rencana kita tahun ini, kita akan tambah kekuatan armada kita. Dan (unit) yang sudah ada kita akan perbaiki dan modernisasi semua," pungkasnya.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Dina
Silvia Marissa
Dina

Dina

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US