Ilmuwan Tiongkok Ciptakan Plastik Ramah Lingkungan dari Sperma

- Senin, 6 Desember 2021 | 11:31 WIB
Ilustrasi ikan salmon dan plastik. (Pixabay/mschoettchen/hans)
Ilustrasi ikan salmon dan plastik. (Pixabay/mschoettchen/hans)

Dalam kehidupan saat ini, benda-benda yang ada di sekitar kita sebagian besarnya merupakan plastik. Saat ini tercatat ada 6,3 miliar sampah plastik di Bumi.

Banyaknya sampah plastik membuat para peneliti berlomba-lomba untuk temukan alternatif untuk mengubah plastik menjadi bahan yang ramah lingkungan.

Salah satu inovasi plastik itu diciptakan oleh para peneliti di Tiongkok. Mereka membuat plastik dari bahan yang tak terduga yakni DNA sperma salmon.

Dikutip dari Vice, Senin (6/12), para peneliti menggunakan bahan untaian pendek DNA sperma salmon karena saat digabungkan dengan bahan dari minyak nabati, membuat keduanya saling terikat dan menghasilkan bahan licin seperti gel yang disebut hidrogel. 

Selanjutnya, gel dicetak menjadi berbagai bentuk lalu dikeringkan dengan cara dibekukan. Pembekuan bertujuan untuk menghilangkan kelembapan.

"Dibandingkan dengan plastik polistiren tradisional, bioplastik baru membutuhkan emisi karbon 97 persen lebih sedikit untuk dibuat,” kata salah satu peneliti.

Para peneliti meyakini kalau DNA sperma salmon adalah bahan yang paling berkesinambungan dibandingkan dengan bahan plastik lainnya. 

Untuk mendaur ulang, enzim pencerna DN sperma salmon bisa ditambahkan untuk memecah material. Kalau enzim tidak tersedia, cukup dengan menenggelamkan zat yang berasal dari sperma ke dalam air. Dengan begitu, objek akan kembali menjadi hidrogel.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X