Cak Imin: Kaderisasi Partai Gagal, Politik Hanya Berkonotasi pada Uang

- Senin, 13 Desember 2021 | 14:35 WIB
 Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Instagram/@cakiminow)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Instagram/@cakiminow)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan kaderisasi merupakan kunci pemenangan dalam setiap Pemilu. Dia berkata tanpa adanya kaderisasi yang optimal, maka partai politik akan sulit meraih kemenangan.

“Yang kita lakukan ini sebetulnya memikirkan nasib kalian sendiri. Mengapa? Kalau kaderisasi partai gagal termasuk PKB maka politik itu hanya berkonotasi pada satu, uang. Kalau sudah bicara uang nasib kalian sudah pasti tidak ada,” ungkap Muhaimin dalam keterangannya dikutip Senin (13/12/2021).

Menurut Muhaimin, kaderisasi adalah jalan menuju penciptaan sistem dari bawah, di mana politik yang cerdas, ideologis dan punya visi itu harus dominan. Meski begitu, dia mengakui jika kaderisasi yang baik tidak mudah, pasti tidak mudah.

Baca juga: Selain Pakai Sabu, Bobby Joseph Juga Jadi Perantara Pemesanan Tembakau Sintetis

“Apakah mungkin kita mengendalikan militansi, ideologi dan doktrin menciptakan satu cita-cita besar? Jawaban yang harus kita pikirkan bersama adalah mimpinya, mimpi kita semua harus jelas,” ungkap Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI ini berkata setiap kader PKB harus punya mimpi dan cita-cita yang bermutu dan berkualitas. Mimpi tersebut selanjutnya diejawantahkan menjadi sebuah ideologi dalam setiap gerak kaderisasi.

“Mimpi NU besar, mimpi Indonesia jaya, bahkan mimpi menjadi Presiden bisa menjadi sebuah ideologi. Ini harus ditanamkan kuat dalam hati kita, dalam setiap gerakan dan perjuangan kita,” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Cak Imin ini menambahkan, setiap instruktur PKB punya tanggungjawab besar untuk mengubah ideologi menjadi gerakan, etos dan prilaku yang bisa diterima oleh masyarakat dari semua kalangan.

“Dan di situ saya kira tugas kita harus mencetak instruktur sebanyak mungkin, perdesa harus ada instruktur yang menjadi rujukan pelaksanaan kaderisasi. Jadi tolong ini dimasifkan dan cepat, karena kita kejar-kejaran dengan waktu,” paparnya.

Selain itu Muhaimin juga mendorong seluruh instruktur kaderisasi PKB untuk mempelajari metode kaderisasi massal dan memiliki output yang optimal. Langkah ini disebutnya perlu dilakukan untuk menjaring kader PKB baru di setiap daerah dalam jumlah yang signifikan dalam waktu yang singkat dan efektif.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X