The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

DPR Setuju Penundaan Umrah karena Omicron: Utamakan Kesehatan dan Keselamatan
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. (Instagram/@ace.hasan.syadzily)
News

DPR Setuju Penundaan Umrah karena Omicron: Utamakan Kesehatan dan Keselamatan

Jangan anggap enteng.

Minggu, 19 Desember 2021 09:01 WIB 19 Desember 2021, 09:01 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah kembali menunda keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia hingga tahun 2022. Hal ini menyusul ditemukannya kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Menurut Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily, keputusan itu merupakan langkah terbaik dalam rangka mengantisipasi penyebaran varian Omicron di tanah air.

"Jika membahayakan bagi keselamatan jemaah, sebaiknya kita menunda kembali rencana penyelenggaraan umrah ini," kata Ace kepada wartawan dikutip Minggu (19/12/2021).

Meski demikian, Ace menyebut Kementerian Agama RI & Kementerian Kesehatan RI masih melakukan pembicaraan dengan pihak otoritas Arab Saudi, soal penyelenggaraan umrah bagi warga negara Indonesia. Ace juga mendorong agar kedua kementerian dapat terus mengingatkan jemaah agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan. 

Varian virus Covid-19 juga harus menjadi perhatian jemaah, agar tidak menyebabkan penularan yang merugikan masyarakat banyak. Meski pelaksanaan ibadah ini telah dinanti karena sebelumnya telah ditunda karena pandemi, namun kepentingan orang banyak merupakan sesuatu yang lebih utama.

"Jangan anggap enteng varian baru ini. Kita harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan jemaah umrah," katanya.

"Hal yang terpenting sesungguhnya adalah protokol kesehatan, termasuk soal vaksinasi dan juga soal perkembangan baru virus Covid-19 varian Omicron," ucap Ace.

Pemberangkatan jemaah umrah Indonesia kembali ditunda hingga tahun 2022, usai adanya imbauan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief mengatakan, keputusan ini diambil setelah pihaknya menggelar rapat dengan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Kami tentu mengutamakan aspek perlindungan jamaah di tengah pandemi Covid-19, terlebih setelah adanya varian baru Omicron. Untuk itu, keberangkatan jemaah umrah kembali ditunda hingga awal tahun 2022, kita berharap kondisi segera membaik," terang Hilman seperti dilansir Antara di Jakarta, Sabtu (18/12/2021).

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US