Anggota DPR: Mitigasi Omicron dengan Perketat Akses Masuk Indonesia

- Senin, 20 Desember 2021 | 15:17 WIB
Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)
Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)

Pasca ditemukannya kasus Covid-19 varian Omicron, Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mendorong agar pemerintah dapat membatasi akses bagi pendatang dari luar negeri ke Indonesia.

"Batasi dan perketat akses masuk pelancong dari luar negeri. Lakukan tes PCR, isolasi dan karantina secara ketat. Pastikan para pelancong yang datang ke Indonesia menjalani protokol kesehatan secara menyeluruh,” kata Netty kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/12/2021).

Menurut Netty, kasus Omicron di wisma atlet harus menjadi sinyal bahwa ada yang menularkan pada petugas kebersihan. Apakah di lokasi atau di lingkungan sekitar tempat tinggal yang bersangkutan.

Baca juga: Pasca Ditemukannya Varian Omicron, Pemerintah Diminta Menutup Pintu Masuk Bagi TKA

Netty pun mengingatkan agar pemerintah melakukan tracing untuk menelusuri pesebarannya.

“Jangan sampai kita kecolongan karena pembawa virus malah bebas berkeliaran di tengah masyarakat," tegas Netty.

Kemudian itu, Netty meminta pemerintah mengedukasi masyarakat terkait gejala dan sifat dari varian Omicron serta agar segera melapor pada pihak berwenang jika menemukan kasusnya di lapangan. 

Selain itu, Netty menambahkan bahwa pemerintah harus meningkatkan kesiapsiagaan sarana dan prasarana faskes di dalam negeri, termasuk obat, SDM, tenaga pendukung dan sebagainya sebagai antisipasi lonjakan kasus. 

"Kita tidak berharap kasus Omicron meningkat, tapi bersiaga menghadapinya adalah wajib. Selain meningkatkan kesiagaan faskes, laju vaksinasi juga harus ditingkatkan, termasuk memastikan pengadaan vaksin dan distribusinya ke daerah-daerah secara proporsional," ujarnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X