Sinyal Misterius di Galaksi Bima Sakti Bingungkan Ilmuwan, Diduga dari Makhluk Lain

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:45 WIB
Galaksi Bima Sakti. (Photo/Ilustrasi/Reuters)
Galaksi Bima Sakti. (Photo/Ilustrasi/Reuters)

Serangkaian gelombang radio aneh muncul dari pusat Bima Sakti membingungkan para ilmuwan. Sinyal tersebut memancarkan karakteristik objek luar angkasa yang tidak diketahui - menyusul dugaan dari makhluk lain.

Menyadur dari laporan ASKAP VAST, Rabu (13/10/2021), para peneliti dari University of Sydney mendeteksi formasi cahaya di pusat Bima Sakti enam kali antara Januari dan September 2020.

Di sisi lain, para ilmuwan percaya bahwa sinyal tersebut bisa datang dari objek luar angkasa jenis baru, seperti bintang baru. Sinyal itu secara resmi diberi nama "ASKAP J173608.2−321635", yang berhubungan dengan koordinat objek di ruang angkasa dan teleskop yang digunakan untuk mendeteksi sinyal.

Baca juga: Viral Video Menegangkan Antara Buaya dengan Hiu, Sekelompok Turis Malah Menonton Histeris

ASKAP VAST (Australian Square Kilometer Array Pathfinder Variables and Slow Transients) merupakan sebuah alat untuk mengidentifikasi objek yang mengeluarkan gelombang dengan frekuensi yang berbeda.

Temuan dari ASKAP VAST didukung oleh yang direkam oleh teleskop MeerKAT Afrika Selatan, yang menawarkan pandangan kedua ke gugus sinyal aneh dari pusat Bima Sakti.

Berdasarkan dari sinyal-sinyal itu, para ilmuwan telah memberikan penjelasan nalar soal penemuan fenomena tersebut. Ilmuwan percaya bisa jadi sinyal itu adalah bintang bermassa rendah dan kecerahan rendah, magnetar, pulsar, atau ledakan aktivitas radio yang terlihat di pusat Bima Sakti - secara resmi disebut Galactic Center Radio Transient (GCRT).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X