Bicara Peluang Gibran Maju Pilkada Solo 2020 Lewat PDIP

- Selasa, 31 Desember 2019 | 15:35 WIB
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. (Antara/Mohammad Ayudha)
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. (Antara/Mohammad Ayudha)

PDI Perjuangan belum juga menentukan calon yang bakal diusung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020. Namun, nama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, diyakini punya peluang.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bidang Luar Negeri PDIP Ahmad Basarah mengatakan, Gibran memiliki peluang yang sama dengan kader lain untuk mendapat rekomendasi dari DPP sebagai calon Wali Kota Solo. 

Menurutnya, yang menentukan adalah proses pengkajian pendalaman dari berbagai aspek. Sebut saja soal kepartaian, kepemimpinan, ideologi, faktor popularitas dan tingkat keterpilihan (elektabilitas).

"Belum bisa dikatakan siapa yang akan mendapat rekomendasi dari DPP partai," kata Basarah seperti dilansir Antara.

Wakil Ketua MPR RI ini mengungkapkan, skenario ideal PDIP adalah mencalonkan sosok internal pada Pilkada Solo 2020. Namun, sekali lagi, itu masih digodok internal partai berlambang banteng moncong putih tersebut. 

"Teori di Solo kami dapat mengusung kader internal itu sangat dimungkinkan," tuturnya.

Gibran sudah terang-terangan menyatakan siap maju dalam kontestasi Pilkada Solo 2020 lewat PDIP. Pria berusia 32 tahun itu sudah mendaftarkan diri jadi bakal calon lewat DPD PDIP Jawa Tengah. 

Bahkan, Gibran Rakabuming Raka mulai melakukan blusukan untuk mencari dukungan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X