Taukah Kamu Kenapa Kemasan Makanan Ringan Tak Terisi Penuh?

- Jumat, 18 Oktober 2019 | 12:34 WIB
ilustrasi/jillian Harris
ilustrasi/jillian Harris

Snack atau makanan ringan seperti keripik kentang, kacang-kacangan dan lainnya menjadi salah satu makanan yang banyak disukai oleh orang-orang.

Tapi saat membuka snack tersebut dari kemasannya, pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa kemasan makanan ringan tidak sepenuhnya terisi makanan? Ya, ada sisa ruang udara di dalam kemasan tersebut.

Ternyata keberadaan sisa ruang udara (slack fill) di dalam kemasan makanan ringan bukan tanpa alasan lho. Ada tiga alasan kenapa produsen sengaja menyisakan ruang udara di dalam kemasan tersebut.

1. Berat makanan dalam kemasan

-
ilustrasi/Bakery and Snacks

Sebuah produsen makanan ringan memiliki aturan bahwa makanan tersebut harus menunjukkan berat bersih produk, artinya ialah berat asli makanan. Jadi, saat membeli makanan ringan, ada baiknya jika kamu memperhatikan berat bersih makanan tersebut.

2. Melindungi makanan

-
ilustrasi/Indiana Public Media

Keberadaan ruang udara di dalam kemasan makanan ringan berfungsi untuk melindungi produk makanan yang ada di dalamnya agar tidak rusak. Udara dalam kemasan berperan sebagai bantalan makanan, karena pendistribusian makanan yang melewati perjalanan panjang dari pabrik hingga dijual ke toko. Bantalan udara ini juga berperan penting karena produk makanan tersebut ditumpuk satu sama lain selama proses pengiriman berlangsung.

3. Membuat makanan tetap segar

-
ilustrasi/tsunago Japan

Kamu harus tau nih, udara di dalam kemasan makanan ringan bukanlah oksigen, melainkan nitrogen. Nitrogen ini berperan penting untuk membuat produk makanan tetap segar dan renyah. Sebaliknya, oksigen dapat membuat makanan ringan jadi cepat basi. Jangan khawatir, gas nitrogen ini tidak berbahaya untuk kesehatan kok.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X