PUPR Gelar Sayembara Desain Kawasan Ibu Kota Berhadian Rp2 Miliar

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 15:54 WIB
Kawasan calon ibu kota di Kaltim (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Kawasan calon ibu kota di Kaltim (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar sayembara desain kota ibu kota anyar di Kalimantan Timur. Paling tidak, hadiah yang akan diberikan pada pemenang pertama sebesar Rp2 miliar.

Dalam pengumumanya di https://sayembaraikn.pu.go.id/, ada tiga kriteria desain ibu kota yang ingin di bangun. Diantaranya, mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi. Serta, mewujudkan kota cerdas, moderen dan berstandar internasional.

Pendaftaran sayembara dilakukan pada 3 - 18 Oktober 2019, dengan pemberian hadian dilakukan pada 27 Desember 2019. Paling tidak ada 13 juri yang akan menetapkan salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta seniman Nyoman Nuarta. 

"Jika Ibu kota bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya." ujar Presiden Jokowi, 16 Agustus 2019.

Selain pemenang pertama, dewan juri juga akan menetapkan pemenang ke-2 dan ke-3 dengan  hadiah masing-masing Rp1,2 miliar dan Rp1 miliar. Serta hadiah harapan I dan II masing-masing Rp500 juta dan Rp 250 juta.

Pembangunan dan pemindahan ibu kota baru nanti, diperkirakan akan memakan waktu hingga empat tahun dengan biaya Rp466 triliun dimana 19 persen akan berasal dari APBN, itu pun terutama berasal dari skema kerja sama pengelolaan aset di ibu kota baru dan DKI Jakarta. Sisanya akan berasal dari KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) serta investasi langsung swasta dan BUMN. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X