Kebakaran di Kawah Putih Padam, Api Menjalar ke Pasirjambu

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 15:28 WIB
Relawan memadamkan titik api yang membakar hutan tropis kawasan Taman Wisata Alam Kawah Putih Gunung Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Antara/Novrian Arbi)
Relawan memadamkan titik api yang membakar hutan tropis kawasan Taman Wisata Alam Kawah Putih Gunung Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Antara/Novrian Arbi)

Kebakaran hutan dan lahan yang mengahanguskan kawasan Kawah Putih, Bandung, Jawa Barat, mulai padam. Namun kini api menjalar ke wilayah Kecamatan Pasirjambu.

Kabid Humas Polda Metro Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko Trunoyudo, mengatakan titik api di kawasan Kawah Putih sudah tidak terlihat, sehingga pendinginan menggunakan pemadam kebakaran dihentikan sementara.

Wisnu menjelaskan, meski dihentikan, tim gabungan akan kembali melakukan patroli pemantauan titik api untuk mengantisipasi jika api kembali menyala.

"Tim gabungan akan melaksanakan patroli sesuai pembagian. Ada 3 tim dan 3 titik api pasca kebakaran, yakni Sunan Ibu, Cipanganten, dan Sunan Rama," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Achmad Djohar mengungkapkan, kendati api di Kawah Putih telah padam, tetapi kini merambat  ke wilayah Kecamatan Pasirjambu.

"Pasirjambu kena, itu rembetan apinya dari Patuha di Kawah Putih," kata Achmad.

Sebelumnya, pihak kepolisian menyatakan luas lahan yang terbakar di Kawah Putih mencakup kurang lebih 15 hektare. Api tersebut menghanguskan alang-alang, lahan gambut dan pepohonan kering di kawasan wisata Bandung Selatan itu.

Dugaan sementara, kebakaran yang terjadi di kawasan Kawah Putih tersebut diduga karena puntung rokok.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X