9 Jenis Barang yang Tak Bisa Didaur Ulang, Kamu Harus Tau

- Senin, 7 Oktober 2019 | 12:54 WIB
ilustrasi/pixabay
ilustrasi/pixabay

Salah satu penyebab pencemaran lingkungan ialah keberadaan sampah yang semakin menggunung, namun tak semua jenis sampah bisa didaur ulang. Bayangkan saja, jika semakin hari semakin banyak gunungan sampah, namun hanya sedikit sampah yang bisa didaur ulang. Bagaimana nasib lingkungan kita ke depannya? Semakin tercemar dan sudah pasti tak baik untuk kesehatan.

Untuk menanggulangi permasalahan ini, beberapa orang dari berbagai komunitas terus menggalakkan kampanye menjaga lingkungan.

Berkaitan dengan sampah, ada beberapa jenis sampah yang tidak bisa di daur ulang.

1. Gelas kopi

-
Twitter/@sheknowshoney

Jika dilihat sekilas, gelas yang banyak digunakan oleh outlet penjual kopi terbuat dari kertas yang sedikit tebal. Tapi taukah kamu jika gelas kopi ini mengandung bahan plastik. Dalam proses pendaur ulangan sampah, jenis yang satu ini tidak bisa dipisahkan antara sampah kertas dan plastik. Inilah yang membuat sampah jenis ini sulit untuk didaur ulang.

2. Box pizza

-
Twitter/@sheknowshoney

Kertas yang digunakan untuk membungkus pizza termasuk dalam jenis sampah yang tidak bisa didaur ulang. Ini karena kertas pizza terdiri dari campuran bubur kertas atau minyak yang sulit didaur ulang.

3. Botol plastik yang kotor

-
Twitter/@sheknowshoney

Botol plastik yang kotor termasuk juga botol minuman masuk dalam salah satu jenis sampah yang tidak bisa didaur ulang. Jika ingin mendaur ulang botol plastik, kamu harus membersihkan botol itu kembali. Bersihkan dan jangan sampai ada apapun yang tersisa dalam botol untuk menjamin proses daur ulang berjalan lancar.

4. Perhatikan 7 tanda produk

-
Twitter/@sheknowshoney

Ketika membeli produk berbahan dasar plastik, perhatikan petunjuk batas pemakaian produk tersebut. Petunjuk ini dapat dilihat di bagian bawah produk tersebut. Masing-masing tanda memiliki arti sendiri apakah produk tersebut dapat digunakan berkali-kali atau bahkan tak bisa didaur ulang.

5. Kertas tisu dan kotaknya

-
Twitter/@sheknowshoney

Kedua barang ini masuk dalam sampah yang tak bisa didaur ulang karena mengandung bahan dasar minyak. Barang ini tidak bisa bersih secara total dan menghilangkan kandungan minyaknya meskipun melewati proses pendaur ulangan. Sampah jenis ini akan selalu berakhir di tempat sampah tanpa bisa didaur ulang.

6. Cermin

-
Twitter/@sheknowshoney

Bahan kaca yang digunakan untuk membuat cermin membuatnya tak bisa didaur ulang. Jadi jangan coba-coba untuk mendaur ulang cermin. Ketika sudah tak suka lagi dengan cermin yang ada, namun kondisinya masih bagus. Jangan sesekali dibuang, ada baiknya jika kamu memberikan cermin tersebut kepada orang lain atau menjualnya daripada membuang.

7. Kertas pembungkus

-
Twitter/@sheknowshoney

Kertas pembungkus yang kerap digunakan untuk mempercantik kado ini masuk dalam salah satu barang yang tidak bisa didaur ulang. Terlebih bila kertas itu memiliki permukaan yang mengkilap.

8. Selotip atau double tip

-
Twitter/@sheknowshoney

Kedua jenis perekat ini juga menjadi barang yang tak bisa didaur ulang. Ini karena keduanya mengandung bahan dasar plastik yang sulit di daur ulang. Saat mau mendaur ulang barang ini, pastikan antara kertas dan plastiknya sudah terpisah sebelum membuangnya ke tempat sampah.

9. Sobekan kertas

-
Twitter/@sheknowshoney

Meski terlihat sepele, sobekan kertas akan sulit didaur ulang karena bentuknya yang tak beraturan. Sobekan-sobekan kertas ini dapat menyumbat mesin pendaur ulang. Untuk mendaur ulang kertas, biarkan kertas dalam kondisi utuh dan jangan disobek-sobek.

Meskipun begitu, sebagai makhluk hidup ada baiknya kita selalu mengurangi penggunaan barang yang dapat merusak lingkungan. Usahakan untuk meminimalisasi penggunaan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Kurangi pengeluaran sampah rumah tangga baik yang bisa terbakar ataupun tidak.

Selain mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat merusak lingkunagn hendaknya setiap orang membiasakan diri untuk menggunakan kembali barang yang bisa dipakai tanpa harus membuangnya. Ada baiknya jika sebelum membeli barang, pikirkan kembali barang apa yang bisa digunakan berulang kali. Dengan dua begini, maka lambat laun permasalah sampah yang dapat merusak lingkungan dapat berkurang.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X