Luruskan Pernyataan ke Menkes, Saleh Daulay: Saya Tidak Ada Maksud Untuk Lebihkan Pejabat 

- Rabu, 14 Juli 2021 | 14:36 WIB
Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay (ANTARA/Dewanto Samodro)
Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay (ANTARA/Dewanto Samodro)

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay memberikan penjelasan terkait pernyataanya kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja kemarin, Selasa (14/7/2021). Dimana sebelumnya Saleh tak mau mendengar lagi adanya anggota DPR yang tidak mendapatkan ruangan ICU.

Saleh meluruskan jika pernyataan yang disampaikannya itu tidak mempunyai maksud apa-apa agar pejabat atau anggota DPR mendapatkan keistimewaan terkait fasilitas kesehatan.

"Dalam konteks ini, saya perlu meluruskan bahwa apa yang saya sampaikan di rapat tidak ada maksud untuk melebih-lebihkan para pejabat ataupun anggota DPR," kata Saleh kepada Indozone, Rabu (14/7/2021).

Namun, kata Saleh, maksudnya yang ingin disampaikannya adalah lebih kepada bagaimana pemerintah dapat menyiapkan fasilitas kesehatan yang mempuni tanpa membedakan kelas sosialnya..

Baca Juga: Beruntung! Remaja Indonesia dapat Warisan Rp8 Miliar dari 'Ayah Misterius' di Inggris

"Apa yang saya sampaikan adalah bagaimana agar pemerintah menyiapkan fasilitas kesehatan yang mumpuni untuk merawat seluruh pasien covid, tanpa terkecuali dan tanpa membedakan kelas sosial," tegas dia.

Di sisi lain, dia menekankan bilamana mengikuti rapat tersebut sampai selesai. Dimana dia ingin ikut memastikan agar usulan soal penyediaan fasilitas kesehatan, alat-alat kesehatan, terutama ICU dan obat-obatan, dan lainnya masuk dalam kesimpulan.

"Itu ada di dalam kesimpulan nomor 4 huruf (a)," jelasnya.

Ketua Fraksi PAN di DPR ini kembali menekankan bahwa tak mempunyai niat untuk membeda-bedakan antara masyarakat dengan Anggota DPR.

"Saya justru selama ini memperjuangkan agar pelayanan kesehatan dapat dengan mudah diakses masyarakat. Semua orang sama haknya dalam bidang pelayanan kesehatan. Itu adalah amanat konstitusi yang harus dijaga," tutup Saleh.

Sebelumnya diketahui, Saleh meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin agar dapat menyediakan fasilitas kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Seperti halnya memperhatikan nasib para wakil rakyat yang terpapar Covid-19.

Saleh mengaku tak mau ada lagi kejadian anggota DPR tak mendapatkan ICU di rumah sakit sebagaimana yang menimpa temannya yakni Anggota DPR John Mirin karena tidak dapat tempat penanganan di insentive care unit (ICU).

"Saya tidak mau lagi misalnya mendengar ada anggota DPR yang tidak dapat tempat di ICU, seperti yang dialami anggota fraksi PAN saudaraku John Siffy Mirin," ujar Saleh dalam rapat bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara virtual, Selasa (14/7/2021).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X