The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

KPU dan Mendagri Disebut Belum Sepakat soal Tanggal Pemilu 2024
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan desain surat suara dan formulir yang disederhanakan di Kantor KPU Provinsi Bali, Denpasar, Bali, Kamis (2/12/2021). (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
News

KPU dan Mendagri Disebut Belum Sepakat soal Tanggal Pemilu 2024

Kamis, 09 Desember 2021 19:42 WIB 09 Desember 2021, 19:42 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menyatakan bahwa sampai hari ini pihaknya belum mendapatkan kesepakatan resmi terkait penentuan jadwal Pemilu 2024.

"Sampai hari ini mereka belum memberikan informasi kepada kita secara resmi hasil konsolidasi mereka itu. Dari KPU maupun pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Diketahui sebelumnya Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut pemerintah sudah sepakat tanggal Pemilu 2024 jatuh pada 15 Februari dan Pilkada dimajukan menjadi bulan September.

Dia pun mempertanyakan isu terkait tanggal Pemilu yang sudah disepakati oleh pemerintah. Karena menurut Doli, pernyataan tersebut hanya sebuah usulan.

"Bahwa kemudian ada isu-isu tanggal berapa ada kesepakatan pemerintah segala macam itu ya kita patokannya apa. Sekarang dibilang pemerintah sepakat, sepakat dengan siapa? siapa yang mewakili pemerintah siapa yang mewakili KPU dan siapa yang mewakili DPR," tanyanya.

Lebih lanjut Politisi Partai Golkar ini menyampaikan apabila di awal masa sidang tahun depan, Komisi II akan memanggil Menteri Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum.

“Komisi II nanti di awal masa sidang berikutnya setelah reses kami akan undang lagi itu raker Mendagri KPU segala macam. Silahkan kalau ada perubahan sampaikan di situ. Kita bahas lagi,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa  (PKB) Jazilul Fawaid menyebut pemerintah dan Komisi II DPR sudah sepakat terkait jadwal  Pemilu 2024. 

Adapun menurut Jazilul pemerintah sepakat pelaksanaan jadwal pencoblosan Pemulu pada tanggal 15 Februari 2024.

“Sudah katanya pemerintah sudah bersepakat dengan komisi II. Yang saya dengar tapi ya nanti dicrosschek dengan komisi II itu sepakat di bulan Februari 2024. (Tanggal) 15 Februari,” kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US