AS Siapkan Alternatif Jika Kesepakatan Nuklir Iran Gagal

- Selasa, 14 Desember 2021 | 16:45 WIB
Pembicaraan kesepakatan nuklir Iran. (Reuters/EU Delegation in Vienna)
Pembicaraan kesepakatan nuklir Iran. (Reuters/EU Delegation in Vienna)

Amerika Serikat dengan beberapa negara yang ikut dalam pembicaraan nuklir Iran sedang mempersiapkan opsi alternatif untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015.

Dilansir MEE, Menteri Luar Negeri AS Blinken mengatakan kepada wartawan bahwa Amerika Serikat bekerja dengan mitra internasional untuk membuat Iran kembali ke pembicaraan nuklir.

"Kami melanjutkan pada jam ini, pada hari ini, untuk mengejar diplomasi karena saat ini masih merupakan pilihan terbaik, tetapi kami secara aktif terlibat dengan sekutu dan mitra tentang alternatif," kata Blinken, Selasa (14/12/2021).

Komentar Blinken muncul tak lama setelah negosiator top Iran mengecam partai barat pada kesepakatan nuklir, sehari setelah diplomat Eropa memperingatkan pakta itu, mengatakan pakta akan menjadi cangkang kosong jika tidak dihidupkan kembali.

Baca juga: Iran Dituding Bangun Kekuatan Militer untuk Hancurkan Israel

“Beberapa aktor bertahan dalam kebiasaan permainan menyalahkan, alih-alih diplomasi nyata. Kami mengusulkan ide-ide kami lebih awal, dan bekerja secara konstruktif dan fleksibel untuk mempersempit kesenjangan,” kata negosiator top Iran, Ali Bagheri Kani, di Twitter, dikutip dari MEE.

Sementara itu, diplomat dari Inggris, Prancis, dan Jerman memperingatkan pada hari Senin bahwa waktu hampir habis untuk menyelamatkan pakta tersebut jika negosiasi tidak berjalan.

Pembicaraan kesepakatan nuklir Iran telah dimulai 29 November, awal Desember pembicaraan itu sempat ditangguhkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X