Dituduh PKI, Jokowi Heran dan Mengucap: Sabar Ya Allah, Sabar!

- Senin, 26 Juli 2021 | 13:36 WIB
Kolase foto pria Aceh yang sebut Jokowi PKI, dan Jokowi (Instagram)
Kolase foto pria Aceh yang sebut Jokowi PKI, dan Jokowi (Instagram)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah berulang kali dituduh PKI oleh sejumlah orang.

Sebagian di antaranya menuduhnya lewat video di media sosial dan viral.

Yang teranyar adalah seorang pria Aceh yang diduga bernama Maulana. Tak cuma menyebut Jokowi 'PKI', ia juga menghina Jokowi dengan nama-nama binatang.

Jokowi sendiri bukannya selalu bungkam atas tuduhan tersebut. Pada Maret tahun 2018 lalu, misalnya, usai membagikan sertifikat tanah di Sentul, Bogor, ia angkat bicara atas tuduhan tersebut.

"Jangan sampai kita diadu-domba, dipecahbelah gara-gara pesta demokrasi. Saya saja, banyak diisukan, 'Itu Pak Jokowi itu PKI.' Banyak yang seperti itu," katanya kala itu.

Ia pun heran mengapa ada orang yang percaya terhadap isu tersebut. 

"Padahal PKI dibubarkan tahun 65. Saya lahir 61, berarti saya baru umur 3-4 tahun. Masa ada PKI balita. Saya kadang-kadang mau marah ya gimana. Gak marah ya gimana. Serbasalah. Tapi saya gak mau blak-blakan," katanya.

Di kesempatan lain saat berkunjung ke Lampung Tengah pada November 2018, ia juga menyanggah tuduhan tersebut.

Sambil menunjuk foto editan di mana dirinya berada di bawah DN Aidit yang sedang berpidato, Jokowi mengatakan mana mungkin dirinya anggota PKI.

"Itu adalah DN Aidit pidato tahun 1955. Lha kok saya ada di bawahnya. Lahir saja belum, astaghfirullah. Lahir saja belum tapi sudah dipasang," katanya.

Saking gemasnya, Jokowi bahkan mengaku ingin menabok orang yang memfitnahnya.

"Ini yang kadang-kadang, haduh, mau saya tabok orangnya di mana, saya cari betul. Saya ini sudah empat tahun diginiin, sabar..sabar ya Allah, sabar... Saya saya harus bicara karena ada enam persen yang percaya berita ini. 6 persen itu 9 juta lebih lho. Kok percaya?" katanya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria Aceh yang diduga bernama Wufan Maulana menghina Presiden Jokowi habis-habisan dengan nama-nama sejumlah binatang.

Sambil menegaskan bahwa di Aceh tidak ada yang namanya COVID-19, pria itu menuding Jokowi sebagai anggota PKI.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X