The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Positif, Sirkuit Mandalika Diyakini Bisa Bikin Ekonomi NTB Tumbuh 5 Persen
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melihat produk alat rapid test antigen yang diproduksi Laboratorium Hepatika Bumi Gora saat berada di areal bazar UKM Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu
News

Positif, Sirkuit Mandalika Diyakini Bisa Bikin Ekonomi NTB Tumbuh 5 Persen

Bisa lebih.

Senin, 22 November 2021 08:25 WIB 22 November 2021, 08:25 WIB

INDOZONE.ID - Ajang balap World Superbike (WSBK) terbukti telah menggerakkan perekonomian masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meyakini, keberadaan Sirkuit Mandalika dapat membuat pertumbuhan ekonomi NTB mencapai 5 persen.

"Dengan adanya Sirkuit Mandalika, NTB akan menikmati, nasional juga kebagian. Ekonomi NTB bisa tumbuh 5 persen, bahkan lebih," kata Luhut saat berkunjung ke Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Minggu (21/11/2021).

Dia mengatakan, gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika yang telah berakhir kemarin, memberikan serapan positif bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Luhut berharap, berbagai event yang akan berlangsung di Mandalika akan semakin meningkatkan pertumbuhan masyarakat, tidak hanya warga NTB, tapi juga para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

"Untuk kelompok-kelompok UMKM khususnya di NTB di gelaran WSBK sudah pasti terserap produknya. Seperti disampaikan Pak Gubernur NTB dan Pak Menkop UKM bahwa produk-produk lokal UMKM di NTB terserap di even ini," ucapnya.

Luhut juga mengatakan, para pelaku usaha yang telah menikmati berkah dari keberadaan Sirkuit Mandalika berasal dari berbagai sektor. Selain pelaku UMKM yang menawarkan makanan dan cenderamata, sektor pariwisata, seperti hotel, homestay, juga meraup untung dengan tingkat keterisian yang mencapai 100 persen. 

Luhut bahkan menyebut para pengusaha mendapat untung lebih karena harga yang ditawarkan tiga kali lipat dari momen biasa. 

"Termasuk penyewaan mobil dan lain-lainnya mendapatkan berkah dari WSBK ini sehingga ekonomi semuanya menjadi hidup," kata Luhut.

Namun demikian, Luhut mewanti-wanti agar berbagai kegiatan yang berlangsung di Mandalika dapat diselenggarakan dengan baik seperti ajang balap WSBK yang telah berakhir. Warga dan pihak penyelenggara harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US