Bangun Rusun Untuk Warga Korban Gusur di Era Ahok, Anies: Kota Ini Milik Semua

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan bahwa Jakarta merupakan kota untuk semua pihak, sehingga harus dibangun kesetaraan, termasuk salah satunya terkait tempat tinggal layak huni.

Hal tersebut disampaikan Anies ketika meresmikan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur untuk warga yang sempat mengalami penggusuran pada era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 2016 lalu.

"Kota ini adalah milik kita semua, bukan hanya yang beruang tapi siapa saja warga Jakarta berhak untuk punya tempat tinggal yang layak. Harus," ucap Anies, Kamis (7/10/2021).

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pembangunan rumah susun ini memang memerlukan proses yang panjang, sehingga dirinya menilai harus memiliki kesabaran dalam mengerjakannya.

Baca juga: Anies Resmikan Pembangunan Rumah Susun untuk Warga Bukit Duri yang Digusur Ahok

"Pelan prosesnya, tapi insya Allah benar, sehingga bapak ibu sekalian bisa tinggal dengan tenang sampai generasi berikutnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies berharap rumah susun ini dapat menjadi saksi setelah puluhan keluarga terlantar, tak memiliki hunian yang layak, dan bahkan seperti pengungsi di negara sendiri setelah mengalami penggusuran.

"Kita ingin bapak ibu sekalian, nanti anak-anak yang besar di tempat ini bisa bercerita bahwa ada periode lima tahun dalam hidupnya, di mana Lima tahun itu terasa sebagai pengungsi di negeri sendiri," tandas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X