Tanggapi Surat Pemimpin Hamas, Jubir Jokowi: Indonesia Tetap Berpihak ke Palestina

- Jumat, 21 Mei 2021 | 15:06 WIB
Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. (photo/Instagram/@fadjroelrachman)
Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. (photo/Instagram/@fadjroelrachman)

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh belum lama ini mengirim surat ke Presiden Jokowi. Dalam suratnya, Haniyeh meminta Jokowi agar segera bertindak mengumpulkan dukungan negara Islam dan internasional terhadap Palestina.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman tak menjelaskan apakah surat tersebut sudah diterima Jokowi. Namun ia menegaskan, Jokowi sudah menyampaikan sikap pemerintah Indonesia terkait konflik Palestina-Israel.

Menurut Fadjroel, Jokowi mengecam keras agresi Israel terhadap warga Palestina. Jokowi juga mengutuk pengusiran paksa yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina di Sheikh Jarrah.

"Hingga saat ini Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan sikap pemerintah Indonesia pada Senin, 10 Mei 2021, yaitu mengutuk tindakan pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjidil Aqsa," kata Fadjroel kepada wartawan, Jumat (21/5/2021).

Fadjroel menambahkan, Indonesia juga telah mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil sikap terkait kekerasan yang dilakukan Israel. Ia menegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina.

"Serta mendesak Dewan Keamanan PBB mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Jokowi juga telah berbicara dengan sejumlah pemimpin negara untuk mendesak penghentian agresi Israel di Palestina.

"Serta pada Sabtu, 15 Mei 2021, Presiden Joko Widodo sudah berbicara dengan sejumlah pemimpin negara (Turki, Singapura, Malaysia, Afghanistan, dan Brunei Darussalam) untuk menghentikan agresi Israel," tutur Fadjroel.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X