Ketum NasDem: Demokrasi Bukan Tujuan, Tapi...

- Senin, 23 Agustus 2021 | 13:10 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (ANTARA/Abdu Faisal)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (ANTARA/Abdu Faisal)

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menilai saat ini politik identitas dan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) semakin menguat belakangan ini. Dia pun mempertanyakan apakah nilai-nilai pluralisme sudah diterapkan di kehidupan masing-masing untuk saat ini.

"Tapi realitanya politik identitas menguat, isu SARA masih ada di kanan-kiri kita. Apakah nilai-nilai pluralisme kita telah kita jalankan sepenuhnya dengan bangun kesadaran yang tinggi, dengan rasa empati yang ada pada diri kita. Ini belum saya lihat dalam realita kehidupan sehari-sehari kita dalam berbangsa dan bernegara," ungkap Surya Paloh dalam dialog kebangsaan oleh CSIS Indonesia, Senin (23/8/2021).

Maka dari itu dia menyampaikan bahwa bagi dirinya dan NasDem, demokrasi adalah suatu alat untuk mengantarkan ke tempat tujuannya. Sehingga menurut dia bangsa Indonesia bisa mengubahnya dengan menempatkan lebih baik dalam implementasinya.

"Perlu saya sampaikan, bagi saya dan bagi NasDem, demokrasi bukanlah tujuan, enggak ada urusan dengan demokrasi. Sebagai suatu yang dikatakan tujuan bagi kehidupan kita. Demokrasi adalah suatu alat, tools, equipment, satu sistem yang kita sepakati untuk menghantarkan tujuan kita. Kita bisa mengaturnya, merobahnya, kita bisa menempatkannya secara lebih baik," jelas dia.

Selain itu Surya berkata demokrasi yang diharapkann adalah demokrasi yang dapat menghantarkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya. Namun, kalau tidak disupervisi terkhusus bagi yang mempunyai otoritas penyelenggara negara maka ia menilai bakal lebih banyak hal-hal mudaratnya.

BACA JUGA: Soal Wacana Amandemen Terbatas UUD 1945, Begini Pandangan Ketum NasDem

"Nah itulah sebenarnya demokrasi yang kita harapkan dan dalam keseharian kita, demokrasi yang kita seperti miliki saat ini klo tidak disupervisi dalam hal ini, khususnya yang mempunyai otoritas penyelenggara negara ini," ucap Surya.

"Saya pikir kita lebih banyak mendapatkan hal-hal lebih mudarat dibandingkan dengan azas manfaat. Ini dalam pandangan saya sebagai ketua umum NasDem," tutup Surya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X