BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

- Senin, 10 Mei 2021 | 09:08 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Ilustrasi cuaca ekstrem. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) mengeluarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut, yang menunjukkan bahwa terdapat aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia.

Hal itu yang teramati bersamaan dengan aktifnya fenomena gelombang Ekuatorial lainnya seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial. Saat ini juga teramati pola sirkulasi siklonik di wilayah Indonesia, yaitu di Laut Sulu dan Papua Barat yang dapat membentuk pertemuan dan perlambatan kecepatan angin.

Kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang menyebabkan pembentukan awan hujan menjadi lebih intensif di beberapa wilayah Indonesia.

Maka dari itu, Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengeluarkan peringatan waspada potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan, yakni 10 hingga 17 Mei mendatang.

"Kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi hujan sedang-lebat pada tanggal 10-12 Mei 2021," ucap Guswanto dalam keterangan yang diterima Indozone, Senin (10/5/2021).

Wilayah yang akan berpotensi hujan sedang hingga lebat adalah Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Pria Ini Memohon kepada Polisi Diizinkan Mudik, Alasannya Mau Nikah!

Sedangkan pada 13-15 Mei 2021 adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian, pada 16-17 Mei 2021, Aceh, Kep.Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Sementara untuk 3 (tiga) hari kedepan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak banjir/bandang dengan kategori waspada adalah sebagai berikut : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua," tandasnya.

 Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X