Ternyata Jozeph Paul Zhang di Jerman, Bukan di Hong Kong, Polisi Kejar Sampai Dapat

- Senin, 19 April 2021 | 13:18 WIB
Jozeph Paul Zhang (YouTube)
Jozeph Paul Zhang (YouTube)

Fakta baru mengenai penghina Islam dan Nabi Muhammad, Jozeph Paul Zhang, kini terkuak.

Ternyata, pria yang punya kanal YouTube dengan nama dirinya itu berada di Jerman, bukan di Hong Kong sebagaimana kabar yang beredar sebelumnya.

Meski begitu, polisi menyatakan akan tetap memburu Jozeph sampai dapat. Hal itu disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono pada Minggu (18/4/2021).

Polri, dalam hal ini, akan bekerja sama dengan Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM dan interpol untuk mengetahui keberadaan Jozeph.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan pihaknya sejak awal menduga Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia.

"Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri," kata Agus, dikutip dari Antara.

Agus mengatakan bahwa Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri dan memasukkan Jozeph k dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

"Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan," kata Agus.

Polri, dalam hal ini, tidak harus menunggu laporan dari masyarakat untuk memproses hukum Jozeph.

"Kalau yang seperti itu, kan, bisa dibuat laporan temuan penyidik atas konten intoleran, menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat, merusak persatuan dan kesatuan, sesuai dengan SE Kapolri akan ditindak tegas," kata Agus.

Dalam video di kanal YouTube pribadinya, Jozeph Paul Zhang ternyata sudah sering dan berkali-kali menghina Nabi Muhammad.

Bahkan, dalam videonya yang berjudul 'Nabi ke-25 Pasti Masuk Neraka' yang tayang pada 13 April 2021, ia berani mengatakan kalau Nabi Muhammad akan masuk neraka.

"Tema kita hari ini adalah Muhammad, nabi ke-25 tidak masuk surga. Pasti ada di neraka. Pasti masuk neraka. Pasti itu. Haqqul yakin. Saya berani menjamin," katanya, disimak Indozone pada Minggu (18/4/2021).

Belakangan terungkap, Jozeph ternyata merupakan seorang pendeta. Setidaknya begitulah ia disapa oleh orang-orang yang mengikuti omongannya via Zoom, yang kemudian ia tayangkan di YouTube.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X