Viral! Akun Teluuur Klaim Orang Yang Divaksin Terhubung Bluetooth dan Jadi Antena 5G

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 11:57 WIB
Kiri: Informasi vaksin mengandung chip (Instagram) / Kanan: Vaksin Covid-19 (Ilustrasi/REUTERS/Rodrigo Garrido)
Kiri: Informasi vaksin mengandung chip (Instagram) / Kanan: Vaksin Covid-19 (Ilustrasi/REUTERS/Rodrigo Garrido)

Beredar informasi di media sosial yang mengatakan bahwa orang yang telah disuntik vaksin Covid-19, bisa terkoneksi dengan bluetooth dan menjadi antena reseptor 5G.

Salah satu yang membagikan informasi ini adalah akun Instagram @_teluuur. Akun yang kerap mengunggah konten konspirasi pandemi Covid-19 ini menyarankan netizen menyalakan bluetooth di dekat orang yang telah divaksin.

"Nyalakan bluetooth hape lalu dekatkan pada orang yang telah di enjus (disuntik vaksin Covid-19). Jika muncul kode seperti 4F-6A-01-77-2A-95 maka selamat, mereka jadi antena reseptor 5G" tulis akun @_teluuur, dikutip Jumat (13/8/2021).

Unggahan akun @_teluuur itu kemudian disebarkan ulang dan memicu kebingungan netizen. Mereka bertanya-tanya apakah memang vaksin Covid-19 mengandung chip yang dapat dideteksi dengan bluetooth?

Berdasarkan penelusuran fakta yang dilakukan INDOZONE, ini adalah informasi hoax alias palsu. Informasi semacam ini juga pernah beredar dan dinyatakan sebagai informasi hoax oleh Kominfo.

"Selamat bagi yang sudah divaksin, anda jadi mayat hidup yang terkoneksi dengan signal 5G yang dikendalikan oleh Zionis serta pemerintah RRC," demikian narasi di unggahan kala itu.

Dikutip dari kominfo.go.id, tubuh manusia tidak mungkin terkoneksi bluetooth hanya karena disuntik vaksin. Vaksin terdiri atas bahan-bahan kimia  yang tidak bisa mentransmisikan gelombang radio dari jarak pendek

-
Informasi hoax vaksin mengandung chip (Kominfo)

Jika kamu menyalakan Bluetooth di dekat orang yang telah divaksin dan muncul kode, kemungkinan besar itu berasal dari perangkat elektronik lain. Misalnya laptop, komputer, smartphone, atau speaker.

Sementara itu, 12 kode 4F-6A-01-77-2A-95 yang disebut oleh @_teluuur merupakan MAC (Media Access Control). 12 kode karakter ini menandakan ada perangkat lain di dekatmu yang bisa dihubungkan menggunakan Bluetooth.

Mulai dari smartphone, komputer, hingga perangkat rumahan yang di era sekarang banyak terhubung dengan Bluetooth atau Wifi.

Kode MAC tidak menandakan bahwa vaksin mengandung chip yang bisa membuat tubuhmu terhubung via Bluetooth dan jadi antena 5G.

Sejumlah netizen yang telah divaksin kemudian menguji pernyataan @_teluuur. Hasilnya, mereka menegaskan bahwa informasi itu tidak benar. Tidak muncul kode-kode aneh dari pencarian Bluetooth padahal mereka sudah divaksin.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X