Presiden Ukraina Desak Pemimpin UE Jatuhkan Sanksi Kepada Rusia

- Kamis, 16 Desember 2021 | 14:11 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. (Kenzo Tribouillard/Pool via REUTERS)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. (Kenzo Tribouillard/Pool via REUTERS)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mendesak para pemimpin Uni Eropa agar segera menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia sebelum menyerang negaranya.

Dilansir AP, Zelenskiy mengatakan kepada wartawan di Brussels bahwa Ukraina siap untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia untuk meredakan ketegangan. Tapi Presiden Rusia Vladimir Putin, sejauh ini tidak hadir memenuhi panggilan Ukraina.

Sebanyak 27 pemimpin nasional Uni Eropa akan mempertimbagkan cara terbaik untuk mencegah invasi Rusia pada pertemuan puncak hari Kamis (16/12/2021).

Baca juga: G7: Rusia Bakal Dapat Balasan Berat Jika Serang Ukraina

“Bagi kami, penting untuk menerapkan sanksi sebelum konflik terjadi, bukan setelah konflik, karena jika diterapkan setelah konflik terjadi, pada dasarnya ini akan membuat mereka tidak berarti,” kata Zelenskiy.

Para pejabat intelijen AS mengatakan Rusia telah memindahkan 70.000 tentara ke perbatasan Ukraina dan bersiap untuk kemungkinan invasi awal tahun depan.

Namun, Rusia menyangkal bahwa mereka memiliki rencana untuk menyerang Ukraina.

Zelenskiy mengatakan dia dan beberapa pemimpin Uni Eropa membahas lima opsi untuk menanggapi setiap serangan Rusia, tetapi dia tidak memberikan rincian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X