Istri Gembong Narkoba 'El Chapo' Mengaku Bersalah Bantu Suami Jalankan Kartel 

- Rabu, 9 Juni 2021 | 13:12 WIB
Emma Coronel Aispur, istri dari Joaquin 'El Chapo’ Guzman, mantan pimpinan kartel narkoba Sinaloa Meksiko. (REUTERS/Jeenah Moon).
Emma Coronel Aispur, istri dari Joaquin 'El Chapo’ Guzman, mantan pimpinan kartel narkoba Sinaloa Meksiko. (REUTERS/Jeenah Moon).

Emma Coronel Aispuro, istri gembong narkotika Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman, diperkirakan akan mengaku bersalah minggu ini atas tuduhan membantu sang suami menjalankan kartel narkoba Sinaloa yang terkenal kejam, seperti yang dilaporkan New York Times pada Selasa (8/6/2021).

Seorang sumber yang tidak disebutkan namanya dan mengetahui kasus tersebut, melaporkan bahwa Coronel akan muncul di Pengadilan Distrik Federal di Washington, Amerika Serikat, pada Kamis (10/6/2021) pagi untuk mengajukan pembelaannya.

Perjanjian pembelaannya tidak akan mengharuskan dia untuk bekerja sama dengan pihak berwenang AS atau memberikan informasi tentang sekutu suaminya, mitra bisnis, atau kerabat, Times melaporkan.

Reuters belum dapat mengonfirmasi laporan tersebut. Seorang juru bicara Departemen Kehakiman AS menolak berkomentar, demikian pula dengan dan Penegak Hukum Narkoba (DEA). Pengacara Coronel tidak menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga: Duka PM Kanada Terhadap Pembunuhan Satu Keluarga Muslim: Ini Tindakan Jahat!

Coronel ditangkap di Bandara Internasional Dulles Washington pada Februari. Jaksa menuduhnya bersekongkol dengan El Chapo dalam menjalankan kartel narkoba serta terlibat dalam konspirasi menghebohkan --ketika suaminya itu pada Juli 2015 kabur dari penjara Altiplano Meksiko melalui terowongan sepanjang sekitar 1,6 kilometer yang digali dari selnya.

Setelah persidangan, yang menjadi sorotan, bergulir  di pengadilan federal di Brooklyn, New York, Guzman, 63 tahun, dinyatakan bersalah pada Februari 2019 dalam mendalangi perusahaan obat bernilai miliaran dolar AS. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah 30 tahun dan dibui di penjara federal Supermax di Florence, Colorado.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X