Fadli Zon Sebut Over Kapasitas Lapas Masalah Klasik, Sayangnya Tidak Pernah Ada Perbaikan

- Rabu, 15 September 2021 | 14:37 WIB
Fadli Zon (YouTube/Fadli Zon Official)
Fadli Zon (YouTube/Fadli Zon Official)

Politisi Fadli Zon menyebut over kapasitas pada Lembaga Pemasyarakatan (lapas) merupakan masalah klasik dari sejak dulu. Namun sayangnya, kata dia, tidak pernah ada perbaikan dari pihak terkait.

"Kapasitas lapas yang lampaui batas tampung adalah masalah klasik dari waktu ke waktu. Ternyata tak ada perbaikan," tulis Fadli Zon melalui akun Twitter @fadlizon, Rabu (15/9/2021).

Menurut Fadli Zon, pemerintah telah gagal dalam menangani masalah over kapasitas pada lapas. Baik dari segi sistem maupun fisik.

"Pemerintah gagal selesaikan soal ini baik secara sistemik maupun fisik," lanjut dia.

Sebelumnya, politisi Fahri Hamzah juga mengatakan bahwa sejumlah lapas di Tana Air dalam kondisi yang memprihatinkan. Hal itu diketahuinya saat dia melakukan safari lapas saat dia menjabat sebagai anggota DPR RI.

Dia mengatakan seluruh lapas yang dikunjunginya saat itu sudah melebihi kapasitas. Kondisi itu berdampak pada bagaimana para narapidana (napi) di dalam lapas diperlakukan.

"Dalam kunjungan saya ke seluruh lapas selama bertugas, tidak ada 1 lapas yang tidak overcapacity, bahkan ada yang 4 kali," ungkap Fahri melalui akun Twitter @fahrihamzah dikutip Indozone.

"Manusia ditimbun seperti ikan bahkan ada yang tidur berdiri. Mengerikan!" lanjut dia.

Isu over kapasitas pada lapas mencuat setelah insiden kebakaran Blok C2 Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten yang menewaskan hingga 42 narapidana beberapa waktu lalu.

Belakangan baru diketahui bahwa lapas tersebut dihuni hingga 2.072 napi. Padahal kapasitasnya hanya untuk 600 napi. Kelebihan kapasitas di lapas tersebut mencapai 245 persen.

Sementara itu, Blok C2 yang menjadi lokasi terjadinya kebakaran dihuni sebanyak 122 napi, padahal kapasitas blok tersebut hanya untuk 40 orang.

Kondisi lapas yang melebihi kapasitas itu dinilai berdampak pada upaya mitigasi dan penanganan dalam kondisi darurat, termasuk jika terjadi kebakaran.

Alhasil pada saat terjadinya kebakaran, total napi yang tewas mencapai 41 orang dan korban terluka 72 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X