Kepala BMKG Sebut Ada Potensi Tsunami hingga 8 Meter di Cilegon

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:52 WIB
Ilustrasi gelombang laut. (Pexels/Allan Watson)
Ilustrasi gelombang laut. (Pexels/Allan Watson)

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkap sejumlah potensi bencana alam di tengah cuaca buruk yang melanda Indonesia.

Ia mengatakan, salah satu potensi bencana alam yang terjadi di Indonesia terjadi di wilayah Cilegon, Banten. Menurutnya wilayah tersebut berpotensi terjadi gelombang tsunami hingga 8 meter.

“Kami berikan informasi zona yang rawan tsunami misalnya di Cilegon Banten itu juga tempat wisata di Selat Sunda dapat berpotensi skenario terburuk mengalami tsunami dengan ketinggian hingga 8 meter,” ujar Dwikorita dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Namun begitu dia tak mengungkap apakah ada wilayah lain yang bakal mengalami bencana alam serupa. Dia hanya berharap perayaan natal dan tahun baru dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya bencana alam.

Lebih jauh Dwikorita menuturkan terdapat tren pembentukan badai tropis karena meningkat setiap harinya. Dia berkata setelah berkunpul badai tropis kembali muncul di sebelah Barat Bengkulu yang bergerak relatif ke arah Tenggara.

“Seperti contohnya di sini, kemarin baru aja ada badai tropis nyatoh. Ini posisinya berada di sebelah barat daya Bengkulu. Dan ini pengaruhnya adalah gelombang tinggi angin kencang, hujan lebat,” tegasnya.

Dwikorita mempredikisi pada bulan-bulan Desember 2021 hingga bulan Januari dan Maret 2022 akan terjadi peningkatan pembentukan badai badai tropis.

BACA JUGA: Sepekan Terakhir, 31 Gempa Landa Aceh dan Sumut

Menurut dia hal tersebut sangat dikhawatirkan memberi pengaruh terhadap keselamatan transportasi dan masyarakat terutama pada saat Natal dan tahun baru.

"Semoga saja selama Nataru nanti semuanya dapat berjalan dengan lancar dan selamat," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X