Ganjil Genap di Tempat Wisata Seluruh Indonesia Akan Diberlakukan saat Nataru

- Jumat, 26 November 2021 | 22:45 WIB
Ilustrasi Jalan Raya. (ANTARA/Dede Rizky Permana)
Ilustrasi Jalan Raya. (ANTARA/Dede Rizky Permana)

Mabes Polri menyebut pihaknya bakal memberlakukan kebijakan Ganjil Genap (gage) di seluruh tempat wisata di Indonesia saat Natal dan Tahun Baru (nataru). Namun, pada pelaksanaannya Polri tidak akan melakukan penilangan.

"Sesuai dengan instruksi Mendagri, seluruh objek wisata diterapkan ganjil genap seluruhnya dari Sabang sampai Merauke, berlaku secara sama semua," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Gage ini sendiri bakal mulai digelar berbarengan bersama dengan digelarnya Operasi Lilin 2021. Operasi Lilin sendiri berlangsung pada tanggal 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2021.

Dalam pelaksanaanya, Dedi menyebut pihaknya tidak akan melakukan penilangan. Pihaknya hanya akan memutarbalikkan kendaraan yang melanggar gage di tempat wisata.

"Iya seperti itu (tidak ada penilangan), tetap kita memberikan edukasi, informasi kepada masyarakat untuk patuh betul-betul protokol kesehatan dan patuh pada aturan. Kalau misalnya yang pas waktunya ganjil ya ganjil," kata Dedi.

BACA JUGA: 2 Pekan Penindakan Ganjil Genap di Jakarta, 3.900 Pelanggar Ditilang

Tujuan dari kebijakan ini disebutnya untuk menekan angka penyebaran Virus Corona saat nataru berlangsung.

"Semuanya sama dalam rangka mencegah jangan sampai terjadi ledakan Covid-19," pangkas Dedi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X