Pemkot Jakarta Barat Sediakan 466 Titik JakWIFI Gratis Untuk Warga

- Jumat, 26 November 2021 | 16:30 WIB
Salah satu warga menunjukkan jaringan JakWifi, Selasa (16/11/2021). (ANTARA/HO-Sudin Kominfo Jakarta Selatan)
Salah satu warga menunjukkan jaringan JakWifi, Selasa (16/11/2021). (ANTARA/HO-Sudin Kominfo Jakarta Selatan)

Sebanyak 466 titik di Jakarta Barat disediakan JakWIFI gratis oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat. JakWIFI tersebar di setiap setiap rukun warga (RW) pada 8 kecamatan di wilayah itu, guna bantu aktivitas warga di rumah.

"JakWIFI ada 466 titik yang tersebar kurang lebih di 142 RW di Jakarta Barat. Itu untuk 2021" ujar Kepala Seksi Komunikasi dan Jaringan Data Suku Dinas Kominfotik Jakarta Barat Nur Izzuddin, Jumat (26/11), mengutip Antara.

Izzuddin mengatakan pengadaan jaringan internet gratis berkekuatan 20 Megabit per detik (Megabits per second/MBPS) ini memang sudah bergulir sejak 2020.

Namun saat itu, jaringan internet gratis diperuntukkan bagi pelajar yang belajar secara daring hingga karyawan yang bekerja di rumah.

Saat ditanya berapa titik WiFi gratis yang sudah disediakan Pemerintah Kota Jakarta Barat pada 2020, Izzuddin belum bisa menjelaskan dengan rinci.

Lebih lanjut, Izzudin mengatakan penambahan jumlah titik WiFi gratis biasanya dilaksanakan setiap tahun. Namun jumlah penambahan tersebut ditentukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Umumnya, wilayah yang dijadikan sasaran untuk tempat WiFi gratis adalah kawasan padat penduduk.

Selain itu, pemerintah kota juga menampung aspirasi dari warga untuk menentukan wilayah mana yang layak dipasang WiFi gratis.

"Misal ada masukan dari wilayah, kemungkinan bisa ditambah. Tapi keputusan ada di pimpinan," kata Izzudin.

Dia berharap nantinya setiap RW di wilayah Jakarta Barat bisa memiliki satu jaringan WiFi gratis sehingga warga bisa terbantu dalam beraktivitas via daring.

"Harapan kami nantinya bukan hanya untuk pelajar tapi bisa digunakan oleh pelaku UMKM untuk berjualan via daring," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X