Usai Diguncang Gempa, 11 Titik Longsor Terjadi di Kajai, Pasaman Barat

- Selasa, 1 Maret 2022 | 16:07 WIB
Longsor di Kajai Pasaman Barat, Sumatera Barat. (Dok. Diskominfo Pasaman Barat)
Longsor di Kajai Pasaman Barat, Sumatera Barat. (Dok. Diskominfo Pasaman Barat)

Sekitar 11 titik longsor terjadi di Rimbo Kejahatan Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Longsor yang terjadi mengakibatkan arus lalu lintas dari Simpang Empat-Talu putus total.

"Saat ini tim sedang membersihkan material longsor yang terjadi pada Senin (28/2/2022) malam. Selain itu, ada satu titik jalan hampir putus karena amblas, sehingga kendaraan tidak bisa melalui jalan itu," kata Komandan Pos Komando Tanggap Darurat Bencana Pasaman Barat Letkol Kav. Hery Bakty di Simpang Empat, Pasaman Barat, melansir Antara, Selasa (1/3/2022).

Menurutnya, saat ini tim gabungan mulai dari TNI, Polri, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, dan lainnya, sedang berupaya membersihkan material longsor.

Baca juga: Kisah Pilu Budak Romawi Kuno, Mulai dari Penyiksaan hingga Masalah Hukum

Khusus jalan yang putus, tim akan berupaya membuat jalan darurat agar arus lalu-lintas bisa lancar kembali.

"Longsor terjadi karena tingginya curah hujan di Kecamatan Talamau pada Senin (28/2/2022) malam. Tidak ada korban jiwa, namun akses jalan terputus," dia menjelaskan.

Waspada Longsor Susulan

Hery pun mengimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan dengan ancaman longsor susulan.

Sebab, katanya, saat ini curah hujan masih tinggi dan dikhawatirkan akan ada longsor susulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pasaman Barat, Jon Edwar mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya membersihkan material longsor menggunakan alat berat.

"Titik longsor yang terbuka sudah tiga titik sampai pukul 14.00 WIB. Titik satu lagi tidak bisa, karena jalan aspal hampir putus," sebutnya.

Daerah Rimbo Kejahatan Kajai merupakan daerah yang terdampak gempa bumi magnitudo 6,1 beberapa waktu lalu. Jalan dan perbukitan sekitar jalan juga sudah banyak yang longsor dan rusak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X