Pindah ke Agama Hindu, Sukmawati Sudah Dapat Izin dari Megawati Soekarnoputri dan Keluarga

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:41 WIB
Megawati Soekarnoputri dan Sukmawati Soekarnoputri (Antara foto)
Megawati Soekarnoputri dan Sukmawati Soekarnoputri (Antara foto)

Sukmawati Soekarnoputri akan pindah ke agama Hindu tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-70 pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Belakangan terungkap, Sukmawati ternyata sudah mendapat restu dari anak-anaknya serta saudara-saudara kandungnya, termasuk Megawati Soekarnoputri.

"Tentunya dengan izin keluarga, termasuk putra-putri beliau, baik itu Mas Paundra, Mbak Menur, dan juga dari saudara-saudara beliau seperti Ibu Megawati, Bapak Guntur Soekarno, Bapak Guruh Soekarno dan almarhum ibu Rachmawati Soekarno," ujar Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).

Menurut Arya, Sukmawati sudah mempertimbangkannya keputusannya itu matang-matang. 

Arya, yang mengenal dekat sosok Sukmawati dan sudah mendampinginya selama 20 tahun lebih di PNI dan Soekarno Center, melihat bahwa Sukmawati sudah lama menggandrungi ajaran agama Hindu.

Pindahnya Sukmawati ke agama Hindu merupakan bentuk kepulangannya ke agama neneknya, yakni Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, yang tak lain adalah ibunda dari sang proklamator sekaligus presiden pertama RI, Sukarno.

"Saya memang melihat bahwa memang Ibu Sukmawati sudah bertahun-tahun gandrung akan ajaran agama-agama Hindu. Suka datang ke pura, ke candi, vihara sering sharing terkait dengan masalah-masalah kebangsaan dan ini mungkin pengaruh dari ibunda Bung Karno yang juga nenek beliau yaitu Nyoman Rai Srimben asal Buleleng. Jadi kita tahu bahwa ibunda Proklamator kita adalah seorang wanita Hindu, Bali," jelas Arya.

Arya menambahkan, keputusan yang diambil Sukmawati merupakan bimbingan spiritual dari para leluhurnya. Ia sendiri menilai keputusan Sukmawati sebafai bentuk sikap Pancasilais.

"Dan menurut kami, kami di bali sebagai sahabat perjuangan beliau membantu, menyambut baik beliau pulang ke agama hindu, membantu teknis acara sudi wadani dan semoga ini menjadi awal yang baik utuk beliau karena sudah menemukan satu pilihan, tentu ini sebuah sikap Pancasilais dan membuktikan bahwa keluarga Bung Karno memang mengayomi seluruh agama dan keyakinan," Arya menambahkan.

Sukmawati sendiri merupakan mantan istri almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX, sebelum kemudian menikah dengan Muhammad Hilmy.

Dari Raja Mangkunegara IX, dia melahirkan Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara dan Gusti Raden Ayu Putri Agung Suniwati. Sedangkan dari Hilmy, ia melahirkan Muhammad Putra Perwira Utama.

Artikel Menarik Lainnya:


 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X