The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

China Berencana Kurangi Penggunaan Bahan Bakar Fosil di Bawah 20% Tahun 2060
Ilustrasi pembangkit listrik. (REUTERS/Dado Ruvic)
News

China Berencana Kurangi Penggunaan Bahan Bakar Fosil di Bawah 20% Tahun 2060

Senin, 25 Oktober 2021 08:33 WIB 25 Oktober 2021, 08:33 WIB

INDOZONE.ID - China bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil hingga di bawah 20% pada tahun 2060, menurut rencana resmi yang diterbitkan oleh media pemerintah.

Dilansir Guardian, dokumen yang dirilis pada hari Minggu, mengikuti janji presiden Xi Jinping untuk menghentikan penghasilan polusi terbesar di dunia dari batu bara, dengan target puncak emisi karbon pada tahun 2030 yang mencapai netralitas karbon 30 tahun kemudian.

Tapi China banyak mendapat kritikan karena membuka belasan pembangkit listrik tenaga batu bara baru.

China sendiri sedang berjuang untuk melepaskan diri dari batu bara, yang jadi bahan bakar hampir 60% dari ekonominya.

Namun, pada hari Minggu pedoman yang diterbitkan oleh kantor berita resmi China Xinhua menetapkan sejumlah target di jalurnya menuju netralitas karbon.

Baca juga: China akan Berhenti Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara di Luar Negeri

Diantaranya adalah proporsi konsumsi bahan bakar non-fosil yang mencapai sekitar 25% dari total penggunaan energi pada tahun 2030.

Pedoman tersebut juga menegaskan kembali ke tujuan sebelumnya untuk emisi karbon per unit PDB turun 18% pada tahun 2025, dari standar tahun 2020.

Sementara itu, para perencana ekonomi khawatir memotong batu bara terlalu cepat di tengah kekhawatiran hal itu dapat melumpuhkan pertumbuhan.

Sebelumnya China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa presiden Xi bermaksud mengendalikan secara ketat pertumbuhan pembangkit listrik tenaga batu bara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US