Ade Armando Sebut Masuk UI Bisa Lewat Jalur Titipan Alias 'Nyogok': Hal yang Lumrah

- Jumat, 2 Juli 2021 | 16:39 WIB
Universitas Indonesia. (Dok. UI)
Universitas Indonesia. (Dok. UI)

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando mengatakan ada banyak jalur masuk untuk masuk ke UI, termasuk jalur titipan alias 'nyogok'.

Hal ini diungkapkan oleh Ade saat menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar oleh Suara Mahasiswa UI. Dalam kesempatan tersebut, Ade mempertanyakan mengapa ia tak boleh menyebut pandir kepada mahasiswa UI yang tergabung di BEM.

"Jadi kalau anda boleh menghina Jokowi sebagai raja munafik the king of lip service, ingkar janji, bohong, anda membual, kami mual, boleh. Kalau boleh saya salahnya apa bilang kalian pandir? Saya nanya Fandy kamu lulusnya masuknya nyogok ya? Anda tinggal jawab enggak, alhamdulillah. So what?" kata Ade, Kamis (1/7/2021).

Menurut Ade, pernyataan tersebut seharusnya ditanggapi dengan santai. Pernyataan Ade kemudian dipotong oleh Ketua BEM Fisip UI Bayu Satria.

"Berarti di UI memang ada yang kaya gitu mas Ade?" tanya Bayu.

Menurut Ade, soal mahasiswa masuk lewat jalur nyogok tersebut sebenarnya adalah hal yang lumrah. Dia tidak ingin menutup-nutupi hal tersebut.

"Kalau anda enggak tahu bahwa itu terjadi, ya, kelewatan. Untuk saya kenapa kita tutup-tutupi bahwa itu ada. Kalau anda enggak tahu, ya, enggak apa-apa juga. Saya mau bilang jalur masuk UI itu banyak, enggak semua orang itu melalui jalur seperti Fandy yang pintar ini lewat SIMAK," kata Ade.

Terkait pernyataan Ade, perwakilan Rektorat UI, Ngatawi Al-Zastrouw mengaku tidak mengetahui soal informasi tersebut.

"Kalau memang ada, ya, ayo dibuka tinggal sampaikan ke kami. Terus nanti kita investigasi bersama kalau memang ada," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X