Razia Kondom di Hari Valentine, dr Tirta Heran: Lebih Baik Edukasi Seks Sejak Kecil

- Senin, 14 Februari 2022 | 16:49 WIB
Ilustrasi wanita sedang memegang kondom. (Freepik/Jcomp)
Ilustrasi wanita sedang memegang kondom. (Freepik/Jcomp)

Seperti tahun-tahun yang lampau, tahun ini Satpol PP Kota Makassar kembali melakukan razia kondom di sejumlah minimarket di kota tersebut menjelang Hari Valentine atau 14 Februari 2022.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Makassar Muhammad Iqbal Asnan, razia kondom dilakukan untuk mencegah pasangan yang belum menikah untuk tidak melakukan hal negatif atau berzina.

Menanggapi razia kondom yang terus berulang nyaris saban tahun, dr Tirta Mandira Hudhi angkat bicara. Ia heran kenapa razia seperti itu masih saja dilakukan.

"Tujuannya apa? Fungsi kondom adalah mencegah penyakit menular seksual dan sebagai alat kontrasepsi," tulis Tirta di Twitter pada Senin (14/2/2022).

-
Cuitan dr Tirta di Twitter. (Tangkapan layar)

Menurut Tirta, kalaupun razia dilakukan dengan alasan penegakan normal dan mencegah seks bebas, yang harus dilakukan bukannya merazia kondom, melainkan edukasi seks sejak dini.

"Mau anda razia kondom, sampai ber-ton ton, tetap aja kalo udah sepasang sejoli the udah sange ttp digas. Trus cara mencegah? Yang bisa dilakukan ya hanya edukasi seksual sejak dini," katanya.

-
Cuitan dr Tirta di Twitter. (Tangkapan layar)

Lagipula, lanjut Tirta, pajangan kondom di minimarket tidak akan membuat hasrat seksual seseorang menjadi bangkit.

"Apakah kalo kita majang kondom otomatis otak akan sange? Ya tidaklah. Alurnya : otak sange > lalu cari kondom > ente razia kondomnya > otak ttp sante > ttp digas," katanya.

Lebih lanjut, Tirta menyindir Satpol PP Makassar agar jangan melalukan tindakan hanya supaya terlihat bekerja.

"Bilangin ke petugas yg masih razia kondom: kegiatanmu ga akan efektif. Jangan mau instan keliatan kerja. Mencegah sex bebas ya adalah dengan edukasi seksual sejak dini, sejak kecil. Begitu," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

5 Inspirasi Outfit Cowok Buat Nge-date saat Valentine, Simple dan Keren di Depan Pacar!

Masuk Kandidat Pelatih Baru MU, Brendan Rodgers Beli Rumah di Manchester

Pensiunan Gratis Hang Out di Kafe Ini, Gak Kalah Sama Anak Muda!

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X