The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gibran Larang Warga Mudik ke Solo, Tapi Izinkan Turis dari Jakarta Masuk
Gibran Rakabuming, Wali Kota Solo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Gibran Larang Warga Mudik ke Solo, Tapi Izinkan Turis dari Jakarta Masuk

Jumat, 07 Mei 2021 09:10 WIB 07 Mei 2021, 09:10 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah larangan mudik Lebaran 2021, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengizinkan wisatawan datang dan menginap di Solo. Syaratnya hanyalah surat keterangan negatif Covid-19 dan surat izin keluar masuk (SIKM).

"Berwisata ke Solo boleh. Masuk sesuai peraturan reguler biasa. Jalan-jalan lihat keindahan di tempat wisata," kata Sekretaris Daerah Kota Solo Ahyani, Kamis (6/5/2021).

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo nomor 067/1309 per 3 Mei 2021. Berikut isi suratnya:

1) Menginap di hotel / losmen / guest house / sebutan lainnya;

2) Setiap individu membawa Surat Keterangan dari Kepala Desa atau Lurah daerah asal atau Surat lzin Perjalanan tertulis atau Surat lzin Keluar/ Masuk (SIKM) bagi orang yang berasal dari DKI Jakarta;

3) Setiap individu membawa hasil uji negatif swab PCR atau swab antigen paling lama 2 x 24 (dua kali dua puluh empat) jam, saat masuk hotel / losmen / guest house / sebutan lainnya.

Pemerintah Solo mewajibkan pihak penginapan memeriksa dokumen setiap tamunya untuk memastikan mereka negatif Covid-19.

Ahyani menambahkan bahwa objek wisata di Solo tetap diizinkan beroperasi, dengan menerapkan pembatasan dan prokes ketat. Jumlah pengunjung yang diizinkan hanyalah maksimal 50% dari kapasitas normal.

"Tempat wisata boleh buka tapi yang reguler. Tidak boleh ada event yang bersifat mengumpulkan massa," ujar Ahyani yang juga Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Solo.

Sementara itu Kepala UPT Taman Balekambang Solo Sumeh, mengatakan Taman Balekambang tetap beroperasi selama libur Lebaran 2021, dan bahkan ada event Bakdan Ing Balekambang.

Nantinya, akan ada pembatasan jumlah pengunjung sekitar 500 orang setiap sesi, untuk mencegah kerumunan di taman. Tentu saja juga harus menerapkan protokol seperti memakai masker.

"Bakdan Ing Balekambang kita bagi beberapa sesi. Nanti buka pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Kemudian pukul 12.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Pengunjung masuk pakai tiket tapi gratis," kata dia.

Tapi, anak di bawah 5 tahun, ibu hamil dan lansia tidak diizinkan masuk Taman Balekambang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US