Kebijakan Pemerintah untuk Mikro Lockdown Diharapkan Dapat Menahan Laju Omicron

- Kamis, 30 Desember 2021 | 11:25 WIB
Ilustrasi varian Omicron Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi varian Omicron Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic)

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi NasDem Nurhadi mengatakan, dirinya mendukung kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan kebijakan mikro lockdown untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron di Indonesia.

"Saya mendukung sekali adanya kebijakan mikro lockdown yang digulirkan oleh pemerintah dalam menahan laju penyebaran virus Omicron," kata Nurhadi kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).

Nurhadi berujar langkah tegas pemerintah selama ini terbukti ampuh dan cukup efektif dalam menekan penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air.

Namun Nurhadi juga berkata jika kebijakan mikro lockdown juga harus dibatasi waktunya karena harus dilakukan evaluasi apakah itu efektif atau tidak.

"Tetapi pemerintah harus memastikan keberlangsungan kehidupan warga selama diterapkan kebijakan tersebut," beber dia.

Di sisi lain dia mengingatkan kepada pemerintah agar lebih ketat dalam menerapkan testing dan tracing. Sebab, dengan tracing dan testing yang terarah akan mudah untuk diantisipasi penyebarannya.

Kemudian agar pemerintah memperketat pemberian dispensasi karantina. Kasus satu pasien lolos dari karantina Wisma Atlet memberikan pelajaran bagi semua pihak untuk patuh pada aturan karantina.

"Kita harapkan tidak ada lagi pasien Covid-19, khususnya varian Omicron, yang lolos dari karantina," tegasnya.

Seperti diketahui, pemerintah akan meningkatkan pembatasan ruang gerak masyarakat (lockdown) level mikro di Indonesia, guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X