Jerman Berikan Uang ke Rakyatnya Setiap Membuang Botol Plastik ke Mesin Daur Ulang

- Rabu, 29 Desember 2021 | 14:53 WIB
Ilustrasi mesin daur ulang. (Foto/Unsplash/kadykov)
Ilustrasi mesin daur ulang. (Foto/Unsplash/kadykov)

Untuk mencegah maraknya sampah plastik yang berpotensi mencemari lingkungan, pemerintah Jerman menciptakan mesin pendaur ulang sampah.

Masyarakat yang membeli barang berhubungan dengan plastik serta botol kaca dianjurkan untuk membuang sampah itu ke mesin daur ulang.

Anjuran tersebut bahkan sangat menguntungkan, karena siapapun yang melakukan itu akan mendapatkan uang.

Dikutip dari DW, Rabu (29/12/2021), setiap warga yang membeli botol, wajib untuk membayar deposit atau disebut Pfand. Dari membuang botol itu ke mesin daur ulang, maka bisa mendapatkan kembali uang deposit itu.

Kini, semua supermarket di Jerman telah menyediakan mesin daur ulang tersebut. Kepala Ekonomi Lingkungan di LSM Environmental Action Germany (DUH), Thomas Fischer mengatakan di era sekarang mesin daur ulang sangat dibutuhkan keberadaannya. 

Thomas juga mengungkapkan bahwa terdapat 3 miliar sampah minuman plastik sekali pakai yang dibuang sebelum tahun 2003.

"Sebelum 2003, sekitar 3 miliar sampah minuman plastik sekali pakai dibuang ke wadah pembuangan sampah setiap tahunnya," katanya.

Karena hal itu lah, Jerman kemudian menciptakan mesin daur ulang yang membawa banyak keuntungan. Kini, pemerintah telah mengurangi jumlah sampah plastik lewat mesin daur ulang itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X