Peringatan BMKG Cuaca Ekstrim Hujan Lebat hingga Potensi Banjir Bandang di Wilayah Ini

- Senin, 31 Mei 2021 | 12:37 WIB
Ilustrasi hujan lebat. (Freepik).
Ilustrasi hujan lebat. (Freepik).

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memonitor perkembangan bibit siklon tropis yang terdeteksi tumbuh pada Minggu, 30 Mei 2021, pukul 07.00 WIB di sekitar Samudera Pasifik Barat daya sebelah Timur-Tenggara Filipina.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, kecepatan angin maksimum di sekitar Sistem Depresi Tropis tersebut (Sistem 04W) mencapai 30 knot (56 km/jam), dan tekanan udara minimumnya mencapai 1004 hPa.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca Himawari-8, teridentifikasi aktifitas awan konvektif yang signifikan dan presisten dalam 6 jam terakhir di sekitar Sistem 04W.

Pergerakan Sistem 04W menunjukkan ke arah Barat hingga Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis.

"Berdasarkan analisis terhadap perkembangan fenomena atmosfer di atas, dapat diprediksi adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat terjadi di beberapa wilayah," ucap Guswanto, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Antisipasi Karhutla, BPBD Kalsel Dorong Daerah Bangun Embung

Pda 31 Mei hingga 1 Juni 2021 yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat antara lain Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kep.Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Pada 2-4 Juni, yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kep.Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan 05-07 Juni adalah Aceh, Kep.Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara untuk dua hari kedepan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak banjir/bandang dengan kategori waspada di wilayah sebagai berikut; Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada Periode sepekan kedepan (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es)," terangnya.

"Hal ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tandas Guswanto.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X