Belanda Mulai Hapus Aturan Penggunaan Masker, Warga Boleh Berkerumun di Restoran

- Minggu, 20 Juni 2021 | 09:08 WIB
Warga di Spanyol sedang bersantap di restoran (Ilustrasi/REUTERS/Jon Nazca)
Warga di Spanyol sedang bersantap di restoran (Ilustrasi/REUTERS/Jon Nazca)

Belanda mulai menghapuskan sebagian besar aturan pemakaian masker. Sejumlah pembatasan juga akan dilonggarkan mulai 26 Juni.

Perdana Menteri Mark Rutte mengatakan kebijakan ini diambil seiring penurunan kasus Covid-19 di Belanda. Namun, masyarakat diharapkan tetap menjaga jarak.

"Ini momen istimewa. Sering saya berdiri di sini untuk mengatakan kepada Anda apa yang tidak dapat Anda lakukan. Namun sekarang kita dapat berfokus pada apa yang mungkin," ucap Rutte dilansir Reuters.

Rutte menambahkan bahwa tidak ada pembatasan jumlah tamu di toko, bar dan restoran. Yang penting mereka tetap menjaga jarak dan menunjukkan bukti sudah divaksin atau hasil tes yang negatif Covid-19.

"Kami dapat mengharapkan musim panas yang indah. Namun kita masih perlu waspada. Banyak terdapat ketidakpastian menjelang musim gugur. Anda setiap saat bisa ditikam dari belakang oleh varian baru." katanya.

Tapi, masyarakat masih perlu menggunakan masker di angkutan umum dan di bandara, di mana aturan menjaga jarak tidak memungkinkan.

Infeksi Covid-19 di Belanda menyentuh level terendah dalam sembilan bulan selama beberapa hari belakangan saat laju vaksinasi dipercepat.

13 juta dosis vaksin telah diberikan kepada negara berpenduduk 17,5 juta jiwa tersebut.  Pemerintah tengah merencanakan penyuntikan vaksin Covid-19 untuk setiap orang dewasa di Belanda.

Infeksi Covid-19 di Belanda sendiri mencapai angka 1,7 juta dengan angka kematian tembus 27 ribu korban.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X