Penyu Terbesar di Dunia Muncul di Pantai Paloh Kalimantan Barat

- Senin, 27 September 2021 | 11:53 WIB
Penyu belimbing yang dikenal sebagai penyu terbesar di dunia, terlihat di pesisir pantai di Kecamatan Paloh (Dok. KKP)
Penyu belimbing yang dikenal sebagai penyu terbesar di dunia, terlihat di pesisir pantai di Kecamatan Paloh (Dok. KKP)

Penyu belimbing yang dikenal sebagai penyu terbesar di dunia, muncul di pesisir pantai di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pantai Paloh merupakan kawasan konservasi daerah.

"Kemunculan penyu belimbing sebagai penyu terbesar di dunia ini sangat langka dan terjadi di Pantai Paloh yang merupakan tempat peneluran penyu yang biasanya didominasi oleh penyu hijau,” jelas Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Pamuji Lestari, Minggu (26/9/2021).

Hewan yang memiliki nama Latin Dermochelys coriacea ini memiliki  panjang lengkung karapas 174 cm, lebar karapas 114 cm, dan lebar jejak 194 cm.

Dia didapati tengah menggali lubang untuk bertelur di pantai Sungai Belacan oleh petugas enumerator dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak dan para mahasiswa PKL Prodi Ilmu Kelautan, Universitas Tanjungpura yang sedang melakukan monitoring dan pendataan penyu.

"Penyu mempunyai peran yang sangat penting dalam ekosistem laut. Keberadaannya menjadi salah satu indikator kesehatan suatu perairan. Kemunculan jenis penyu belimbing dengan ciri khas karapasnya yang berbentuk juring-juring seperti buah belimbing ini sangat jarang terjadi, apalagi rute jelajahnya yang sangat tinggi antar negara bahkan benua," katanya.

Diketahui, semua  jenis penyu telah dikategorikan sebagai hewan dilindungi oleh pemerintah, berdasarkan PP No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Kejadian penyu belimbing yang mendarat dengan kondisi hidup dan memeti (mencari tempat untuk bertelur) tersebut adalah yang pertama kalinya terjadi pada tahun 2021 di Pantai Peneluran Penyu Paloh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X