Azis Syamsuddin Mangkir Panggilan 'Jumat Keramat' KPK, Alasannya Lagi Jalani Isolasi

- Jumat, 24 September 2021 | 18:38 WIB
Azis Syamsuddin saat memberikan kesaksian terkait kasus eks Penyidik KPK. (Foto/Antara)
Azis Syamsuddin saat memberikan kesaksian terkait kasus eks Penyidik KPK. (Foto/Antara)

Kabar Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka harus tertunda pada hari Jum'at di mana biasa dikeramatkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap para pejabat yang biasa tersangkut kasus korupsi.

KPK seyogyanya melakukan pemeriksaan terhadap Azis Syamsuddin hari ini, Jumat (24/9/2021).

Azis meminta penjadwalan ulang pemeriksaannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikarenakan sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Berdasarkan surat yang beredar pada Jumat ini, Azis menyampaikan permohonan penundaan pemeriksaan dari Jumat (24/9) menjadi Senin (4/10).

Azis dikabarkan dipanggil dalam penyidikan kasus dugaan suap terkait penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Seperti yang dilansir Antara, surat tertanggal 23 September 2021 yang ditandatangani Azis tersebut ditujukan kepada Pimpinan KPK u.p. Direktur Penyidikan KPK.

"Sehubungan dengan Surat Panggilan KPK No. SPGL/4507/DIK.01.00/23/09/2021 tanggal 15 September 2021 dimana saya diminta menghadap Penyidik KPK pada hari Jumat, tanggal 24 September 2021 untuk didengar keterangannya, maka saya dengan ini bermaksud menyampaikan permohonan penundaan pemeriksaan tersebut menjadi tanggal 4 Oktober 2021," dikutip dari isi surat Azis tersebut.

Azis mengaku sedang menjalani isoman, karena sempat berinteraksi dengan seseorang yang dinyatakan positif COVID-19 beberapa waktu lalu.

"Hal ini saya lakukan untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan isoman jika berinteraksi dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19, dan juga untuk mencegah penyebaran mata rantai COVID-19," demikian tulis Azis.

KPK melalui Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengingatkan kepada Azis untuk kooperatif terkait kasus yang menimpanya.

“Kami mengingatkan yang bersangkutan kooperatif agar proses hukum penanganan perkara ini tidak berlarut-larut,” kata Ali Fikri.

Ali membenarkan kalau seyogyanya Azis Syamsuddin diperiksa hari ini untuk dimintai keterangan terkait dengan kasus yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Namun hingga sore ditunggu kehadirannya, yang bersangkutan tidak kunjung datang.

Diketahui, KPK saat ini sedang melakukan penyidikan kasus dugaan suap terkait dengan penanganan perkara korupsi yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X