Sosok Anggota Brimob Muhammad Kurniadi yang Gugur Ditembak KKB, Berasal dari Aceh

- Minggu, 26 September 2021 | 12:38 WIB
Anggota Brimob Muhammad Kurniadi. (Facebook/Bio Pido)
Anggota Brimob Muhammad Kurniadi. (Facebook/Bio Pido)

Satu anggota Brimob di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua gugur saat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Minggu (26/9/2021).

Anggota Brimob bernama Bharada Muhammad Kurniadi yang tewas ditembak KKB itu tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi. ia tewas usai tertembak di bagian ketiak.

Jenazahnya kini sudah dievakuasi ke Sentani dengan menggunakan pesawat charter dan akan langsung dibawa ke RS Bhayangkara. Selanjutnya, jenazah akan diterbangkan ke kampung halamannya di Aceh Tamiang.

Bharada Muhammad Kurniadi diketahui berasal dari Kampung Johar, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang. Saat ini keluarga masih menunggu kedatangan jenazah Muhammad Kurniadi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BERITA ACEH TAMIANG (@berita_aceh_tamiang_official)

Baca juga: Tragis, Pratu Ida Bagus Ditembak dari Dekat, Separatis Papua Nyamar Pakai Baju Loreng

Kronologi kontak tembak TNI-Polri di Kiwirok

Pada hari Minggu (26/9/2021) sekitar pukul 04.50 WIT, terdengar suara tembakan dari arah depan Polsek. Kemudian, pada pukul 05.15 WIT seorang personel Brimob atas nama Bharada Muhammad Kurniadi dilaporkan meninggal dunia.

Bharada gugur setelah tertembak di bagian ketiak. Jenazahnya kemudian langsung dievakuasi menuju Timika dengan dengan mnggunakan helikopter.

Situasi keamanan di Distrik Kiwirok sudah terganggu sejak 13 September 2021. KKB sempat terlibat kontak senjata dengan KKB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo.

Peristiwa tersebut membuat komandan operasi KKB Ngalum Kupel tewas. Usai kontak senjata terjadi, KKB mulai turun ke pusat kota Kiwirok dan menyerang masyarakat sipil.

Serangan tersebut menewaskan seorang tenaga kesehatan Gabriella Maleani. Proses evakuasi Gabriella begitu mencekam. Saat proses pengangkatan jenazah suster Gabriella dari dalam jurang, terdengar terus suara tembakan dari teroris KKB.

Suara tembakan itu terdengar dari seberang jurang dimana lokasi suster Gabriella ditemukan. Tim evakuasi dapat mengatasi gangguan tembakan tersebut sehingga jenazah Gabriella dapat dievakuasi dari dalam jurang.

Setelah dievakuasi, kemudian jenazah disemayamkan di Koramil Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

Di waktu yang sama, seorang anggota TNI Pratu Ida Bagus Putu Suwarman juga dinyatakan gugur. Dia tertembak  saat mengamankan Bandara Kiwi yang digunakan untuk jalur evakuasi jenazah Suster Gabriela Meilani di distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X