Indonesia Sudah Transisi Menuju Endemi

- Jumat, 13 Mei 2022 | 09:46 WIB
Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan melakukan tes antigen kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Sarawak, Malaysia. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)
Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan melakukan tes antigen kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Sarawak, Malaysia. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemi Covid-19.

Menurutnya, itu didasari oleh beberapa indikator dan dari data-data yang ada. Hal ini dikatakan Muhadjir usahi menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Rabu (11/5/2022).

"Intinya pokoknya dilihat dari angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, kemudian angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada," kata Muhadjir dalam siaran persnya, Jumat (13/5/2022).

Muhadjir menyatakan, berdasarkan survei internal yang telah dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah sakit DKI Jakarta pada bulan Februari 2022, saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia telah turun di peringkat ke-14.

Baca Juga: Menurun Dibanding Kemarin, Covid-19 RI Hari Ini Tambah 335 Kasus

"Yang paling tinggi kematian itu kanker, kemudian pneumonia, peneumonia non spesifik, dan sekarang Covid-19 yang meninggal sudah di ranking 14. Jadi sudah bukan lagi ancaman," ucapnya.

Meskipun memang kasus Covid-19 sudah semakin membaik, Muhadjir meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Apalagi kasus meninggal dan yang terjangkit juga masih ada.

"Tetapi dilihat dari beberapa indikator itu kita sebetulnya de facto (secara fakta) sudah menuju ke endemi," jelas Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan setelah libur lebaran Idul Fitri. Apabila pasca Idul Fitri tidak ada tambahan kasus yang signifikan, kemudian Covid-19 di Indonesia akan segera menjadi endemi.

"Taruhannya setelah libur tahunan ini. Kalau nanti setelah Idul Fitri, 2 minggu atau 3 minggu nanti tidak ada kenaikan kasus. Maka kita optimis segera transisi ke endemi," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X