Kwikku, Media Sosial Karya Anak Bangsa untuk Tingkatkan Literasi Milenial dan Gen Z

- Jumat, 24 April 2020 | 15:27 WIB
Platform Kwikku. (Kwikku)
Platform Kwikku. (Kwikku)

Tingkat literasi di Indonesia masih tergolong rendah dengan urutan ke-60 dari 61 negara menurut survei Most Literate Nation In The World 2016. Untuk meningkatkan literasi masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial dan Gen Z, beberapa mahasiswa di Malang menciptakan platform media sosial Kwikku.

Diluncurkan secara resmi pada Kamis (23/4/2020), Kwikku menjadi media sosial untuk menunjang kebutuhan bacaan para milenial dan Gen Z. Di Kwikku, penggunanya bisa menulis dan membaca berbagai konten seperti novel dan webtoon.

CEO Kwikku, Hamdi Musaad mengatakan target market Kwikku adalah milenial dan Gen Z. Karenanya, konten-konten di platform ini adalah konten yang temanya disesuaikan dengan remaja.

"Memang lebih fokus untuk remaja karena target market kita Gen Z. Gen Z suka membaca konten digital seperti novel dan webtoon. Kita juga yakin penulis kita punya karya hebat yang nggak kalah dengan penulis luar," kata Hamdi dalam video conference, Kamis (23/4/2020).

Kwikku mulai bisa diakses oleh para penggunanya mulai 23 April 2020. Platform ini juga memiliki empat fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya.

1. Media Sosial

-
Platform Kwikku. (Kwikku)

 

Media Sosial Kwikku bisa menjadi tempat pertemuan generasi milenial dan Gen Z. Melalui fitur ini, para pengguna bisa terhubung satu sama lain dan bisa berkomunikasi serta bertukar informasi.

2. Novel

-
Fitur novel di Kwikku. (Kwikku)

Para milenial dan Gen Z yang membutuhkan bacaan menarik bisa memanfaatkan fitur Novel di Kwikku. Bekerja sama dengan para penerbit besar, seperti Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group, dan Falcon Publishing, fitur ini dijamin bisa membunuh rasa bosan para pencinta novel.

Melalui fitur Novel pula, Kwikku membuka peluang yang sangat besar kepada para penulis untuk menuangkan bakatnya dan mendapatkan penghasilan dari tulisan mereka. Untuk penulis baru tidak perlu takut mengunggah naskahnya ke platform Kwikku, karena akan ada editor khusus yang membantu dalam proses penulisan novel barunya.

3. Webtoon

-
Fitur Webtoon di Kwikku. (Kwikku)

Selain novel, pengguna juga bisa membaca cerita seru di fitur Webtoon. Di fitur ini terdapat banyak komik digital yang bisa diakses para pengguna setiap harinya, baik dari kreator lokal maupun luar negeri. Fitur Webtoon juga menyediakan fasilitas bagi para kreator muda yang ingin menunjukkan karyanya dan menghasilkan uang.

4. KNOW (Kwikku Now)

-
Fitur Know di Kwikku. (Kwikku)

Fitur Kwikku Now memungkinkan pengguna untuk mendapatkan berbagai informasi yang menarik dan sedang viral. Berita-berita yang ada di fitur ini tidak perlu diragukan kebenaran atau validitasnya karena bersumber dari official media partner yang bekerja sama dengan Kwikku.

Para pengguna bisa mengakses fitur Novel dan Webtoon di Kwikku secara gratis, kecuali untuk judul-judul dalam section pay for no delay dan premium. Untuk membeli judul-judul dalam section bisa menggunakan dompet digital seperti Gopay, Ovo, Dana, dan Link Aja!.

Kwikku juga mengadakan kompetisi #BERKARYADIRUMAHAJA untuk memantik semangat berkarya para generasi muda melalui kompetisi Novel dan Webtoon dengan total hadiah Rp500 juta. Adapun juri dalam kompetisi ini adalah A. Fuadi, Dee Lestari, Faradita, Bayu Permana, Luluk HF, Faza Meonk, Sweta Kartika, HelloDita, Gerdi WK, dan Lan Kelana.

 

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X