Pengamat: Jangan Pernah Usulkan Jabatan Presiden Tiga Periode

- Kamis, 28 November 2019 | 09:45 WIB
Antara/Fathur Rochman/Ardiansyah
Antara/Fathur Rochman/Ardiansyah

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menyebutkan, siapapun jangan pernah mengusulkan jabatan presiden menjadi 3 periode, termasuk partai politik.

Menurut Adi, usulan tersebut menunjukkan adanya kemunduran demokrasi di Indonesia. Adi juga mengatakan bahwa selama ini Indonesia sudah susah payah merebut reformasi.

"Bangsa ini bersusah payah merebut reformasi ini, jangan pernah mengusulkan jabatan presiden tiga periode," ujar Adi.

Tujuan konvensi dua periode batas kepemimpinan presiden menurut dia agar ada proses sirkulasi elit politik yang berjalan secara baik.

Kalau sampai usulan jabatan presiden diakomodasi, kata dia, Indonesia akan kembali ke zaman sebelum reformasi, elit yang sama berkuasa cukup lama bisa merusak sistem demokrasi.

"Tiba-tiba kemewahan reformasi yang kita dapat beberapa tahun belakangan kemudian dipaksa ingin mundur kembali, jadi kacau demokrasi kita," ujarnya.

Adi mengungkapkan bahwa sebenarnya wacana-wacana tersebut tidak perlu ada lantaran berbahaya jika semua partai politik menyetujui usulan tersebut. Hal itu dikarenakan, menurut dia sekarang ini merupakan rezimnya partai politik, karena semua ditentukan oleh sikap parpol.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X