Umar Patek Mengatakan Anak Muda Jangan Cuma Belajar Agama via Internet

- Sabtu, 23 November 2019 | 10:56 WIB
Antara/Umarul Faruq
Antara/Umarul Faruq

Terpidana kasus terorisme, Umar Patek mengatakan anak muda jangan belajar agama Islam hanya dari internet, namun juga harus berguru pada ulama agar tidak sepotong-sepotong.

"Seharusnya anak-anak muda ini dipahamkan ajaran agama Islam yang lurus, jangan hanya sepotong-sepotong, tidak utuh atau bahkan hanya belajar lewat online," ujar Umar.

Belajar agama yang baik menurutnya yaitu langsung ke ulama, terutama ulama yang memiliki pemahaman yang wasathiyah atau moderat.

-
Antara/Umarul Faruq

Umar mengatakan, penyebaran paham radikalisme saat ini lebih banyak lewat online. Berbeda dengan zaman dahulu yang harus bertatap muka.

Umar Patek sendiri kini aktif membantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan program deradikalisasi terhadap para napi terorisme lainnya. Ia mengaku tidak ingin ada anak muda yang mengikuti jejaknya dulu.

Ia juga menekankan agar anak muda tidak mudah termakan oleh iming-iming janji surga yang instan.

"Ketika mereka hanya berbicara masalah akhlak, ibadah dan lain-lain silakan. Tetapi ketika sudah masuk unsur-unsur kekerasan itu sudah tanda bahwa ini adalah bagian dari kelompok yang berpaham radikalisme," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X